Thermien Wahyuni Dinamika Pradiana, guru di TK Dharma Wanita Persatuan 1 Jeru, Tumpang, Malang, Jawa Timur, mengikuti Diklat Nasional 40JP dengan tema “Strategi Efektif Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Deep Learning”. Diklat ini memberikan wawasan mendalam bagi para guru tentang bagaimana merancang pembelajaran yang tidak hanya interaktif, tetapi juga bermakna dan menyenangkan bagi anak usia dini.
Menurut Thermien, materi yang disampaikan sangat padat dan relevan. “Materi diklatnya benar-benar ‘isi daging’, penuh dengan strategi praktis yang bisa diterapkan di kelas,” ujarnya. Ia menyadari bahwa untuk menerapkan metode pembelajaran mendalam ini, guru perlu menyiapkan energi ekstra dalam merencanakan dan menyiapkan materi sebelum dibawa ke kelas. Meski demikian, hal ini dianggap sepadan dengan manfaat yang diperoleh.
Thermien mulai menerapkan beberapa strategi yang dipelajari, seperti menyusun kegiatan pembelajaran yang lebih menyenangkan dan memudahkan pemahaman siswa. Dengan pendekatan ini, anak-anak lebih cepat menangkap konsep yang diajarkan dan dapat mengikuti aktivitas belajar secara aktif. Ia juga menyoroti bahwa metode deep learning membantu guru dalam melakukan asesmen yang lebih efektif, karena anak lebih terlibat dan menunjukkan respons nyata terhadap materi yang diberikan.
Diklat ini juga mendorong Thermien untuk berpikir lebih kreatif dalam menyusun kegiatan belajar, menyesuaikan strategi dengan kebutuhan masing-masing anak. Ia merasa bahwa pembelajaran menjadi lebih terarah dan lebih bermakna, baik bagi guru maupun siswa. Dengan pengalaman ini, Thermien semakin yakin bahwa penerapan metode deep learning di tingkat TK dapat membangun fondasi keterampilan berpikir kritis dan kreatif sejak dini.
Bagi Thermien, diklat ini bukan sekadar menambah pengetahuan, tetapi juga membentuk kepercayaan diri untuk mengembangkan metode pembelajaran yang menyenangkan, reflektif, dan efektif. Ia berharap pengalaman ini dapat menginspirasi rekan guru lainnya untuk menerapkan strategi serupa dan menciptakan suasana kelas yang lebih hidup dan mendidik.