Marliani Insyirah, guru di MI Bustanul Ulum, mengikuti Diklat Nasional 40JP dengan tema “Strategi Efektif Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Deep Learning”. Diklat ini memberikan wawasan tentang bagaimana merancang pembelajaran yang tidak hanya menyenangkan, tetapi juga mendalam, sehingga siswa dapat memahami materi secara lebih menyeluruh dan aktif berpartisipasi.
Dalam praktiknya, Marliani menerapkan strategi pembelajaran mendalam pada siswa kelas 6, khususnya dalam mata pelajaran TIK. Ia menekankan pentingnya interaksi siswa dengan materi secara langsung, serta penggunaan metode kreatif yang membuat proses belajar lebih menarik. Menurut Marliani, semua topik yang diajarkan dalam diklat sangat bermanfaat dan relevan untuk diterapkan di kelas.
Meskipun ia menghadapi kendala berupa keterbatasan fasilitas di sekolah, Marliani tetap berusaha mengoptimalkan metode pembelajaran yang telah dipelajari. Tantangan ini justru mendorongnya untuk lebih kreatif dalam merancang kegiatan belajar agar tetap menyenangkan dan bermakna bagi siswa.
Setelah menerapkan strategi deep learning, Marliani menyadari adanya perubahan positif pada siswa. Mereka menjadi lebih fokus, aktif, dan mampu memahami materi TIK dengan lebih baik. Metode ini juga memacu siswa untuk berpikir kritis dan belajar secara kolaboratif, sehingga tidak hanya menerima informasi, tetapi juga terlibat dalam proses pengolahan pengetahuan.
Bagi Marliani, diklat ini bukan sekadar menambah pengetahuan, tetapi juga memberikan pengalaman praktis yang dapat langsung diterapkan. Ia merasa lebih percaya diri dalam menyampaikan materi, sekaligus dapat menciptakan suasana belajar yang lebih hidup, menyenangkan, dan efektif. Pengalaman ini membuktikan bahwa pembelajaran mendalam dapat membawa manfaat signifikan, bahkan ketika sarana terbatas, selama guru memiliki strategi dan kreativitas yang tepat.