Setelah mengikuti Diklat Nasional 40JP “Strategi Efektif Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Deep Learning”, Zainal Arifin, S.Pd.I., guru di SDN 013 Sungai Pinang Samarinda, merasa semakin termotivasi untuk mencoba menerapkan pembelajaran mendalam di kelas. Ia telah mulai mencoba mengaplikasikan konsep-konsep deep learning, yang menurutnya memiliki fleksibilitas dan sifat menyenangkan yang sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran.
Salah satu hal yang paling penting yang dipelajari Zainal adalah bagaimana konsep dasar deep learning dapat diterapkan untuk menciptakan pembelajaran yang tidak hanya efektif, tetapi juga menyenangkan bagi siswa. Ia percaya bahwa pendekatan ini akan membantu siswa lebih memahami materi, karena mereka akan terlibat lebih aktif dalam setiap proses pembelajaran. Tidak hanya itu, dengan deep learning, siswa juga dapat mengaitkan pelajaran dengan kehidupan sehari-hari mereka, yang membuatnya lebih bermakna.
Namun, Zainal juga menghadapi tantangan dalam merubah mindset siswa yang telah terbiasa dengan metode pembelajaran konvensional. Proses ini tidak mudah, karena diperlukan pendekatan yang tepat untuk membimbing siswa agar terbuka terhadap cara belajar yang baru dan lebih aktif. Selain itu, aspek penunjang lain seperti fasilitas dan dukungan dari orang tua juga perlu diperhatikan untuk mencapai hasil yang optimal.
Meski demikian, Zainal tetap optimis bahwa dengan penerapan deep learning, siswa akan memperoleh dampak positif yang signifikan. Ia berharap perubahan ini tidak hanya membuat pembelajaran lebih menyenangkan, tetapi juga lebih bermakna bagi perkembangan akademik dan pribadi siswa. Dengan semangat dan komitmen untuk terus belajar dan beradaptasi, Zainal yakin bahwa pembelajaran yang lebih efektif dan menyenangkan akan tercapai.