Mengikuti Diklat Nasional 40JP “Strategi Efektif Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Deep Learning” menjadi titik awal transformasi bagi Abidatul Mufidah, S.Pd.I., guru di MA Al Muhtaduun Jabung. Ia telah mulai menerapkan strategi yang diperoleh dari pelatihan tersebut dalam proses belajar mengajar. Bagi Abidatul, inti dari pembelajaran mendalam adalah bagaimana membuat siswa tidak hanya tahu, tetapi juga benar-benar memahami setiap proses sehingga pembelajaran menjadi bermakna bagi mereka.
Dalam praktiknya, ia mulai lebih sabar dalam memahami karakter siswa yang berbeda-beda. Ia menyadari bahwa setiap anak memiliki cara belajar, ritme, dan kebutuhan yang unik. Kesabaran ini menjadi kunci untuk membimbing mereka agar tidak hanya mengejar nilai semata, tetapi juga benar-benar menguasai konsep yang dipelajari. Dengan demikian, siswa tidak hanya menyimpan informasi di ingatan jangka pendek, melainkan mampu menghubungkannya dengan kehidupan nyata.
Abidatul juga merasakan bahwa proses ini membuat dirinya lebih kreatif. Ia berusaha mencari cara baru agar pembelajaran menjadi lebih menarik, seperti melalui kegiatan kolaboratif, diskusi kelompok, maupun penggunaan media pembelajaran yang variatif. Kreativitas ini lahir dari semangatnya untuk menjadikan kelas sebagai ruang yang menyenangkan, di mana siswa merasa nyaman untuk bertanya, bereksperimen, dan berefleksi.
Semangat baru pun tumbuh dalam dirinya. Ia merasa lebih berenergi setiap kali masuk kelas, karena melihat bagaimana siswa merespons positif terhadap pendekatan deep learning. Antusiasme siswa yang meningkat menjadi dorongan tambahan baginya untuk terus mengembangkan metode yang lebih efektif. Ia percaya bahwa pembelajaran bermakna tidak hanya akan membekali siswa dengan pengetahuan, tetapi juga dengan keterampilan hidup yang mereka butuhkan di masa depan.
Bagi Abidatul Mufidah, pengalaman ini membuktikan bahwa perubahan dalam pendidikan selalu dimulai dari kemauan guru untuk mencoba dan beradaptasi. Dengan kesabaran dalam memahami siswa, kreativitas dalam merancang pembelajaran, serta semangat yang terus diperbarui, ia yakin dapat menciptakan suasana belajar yang benar-benar mendalam, menyenangkan, dan bermakna bagi setiap anak didiknya.