Mengikuti Diklat Nasional 40JP “Strategi Efektif Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Deep Learning” memberikan pengalaman berharga bagi Ekong Wahono, S.Pd., guru di MTs Nurul Hidayah. Ia telah mencoba menerapkan berbagai strategi yang dipelajari dalam diklat dan merasakan bahwa setiap topik yang disampaikan memiliki kesan tersendiri. Bagi Ekong, tidak ada materi yang sia-sia, karena semuanya membuka wawasan baru dan memberikan gambaran bagaimana seharusnya proses pembelajaran dilakukan di era pendidikan modern.
Ekong menilai bahwa salah satu hal yang penting dalam menerapkan pembelajaran mendalam adalah penyesuaian. Setiap guru dituntut untuk mampu menyesuaikan strategi pembelajaran dengan kondisi siswa, lingkungan, serta karakteristik kelas yang berbeda-beda. Hal ini tentu tidak mudah, namun dengan bekal yang diperoleh dari diklat, ia merasa lebih siap untuk menghadapi berbagai situasi. Penyesuaian bukan hanya soal metode, melainkan juga sikap dan cara pandang guru dalam menghadirkan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna.
Pengalaman mengikuti diklat juga memberinya dorongan untuk terus berkembang menjadi guru yang lebih baik. Ia menyadari bahwa pendidikan tidak pernah berhenti pada satu titik, melainkan selalu bergerak seiring perubahan zaman. Dengan pemahaman baru yang ia peroleh, Ekong berkomitmen untuk menghadirkan pembelajaran yang tidak hanya membuat siswa memahami materi, tetapi juga membangun karakter, kreativitas, dan rasa percaya diri.
Dampak positif mulai terasa ketika siswa menunjukkan respons yang lebih aktif dan antusias. Mereka mulai terlibat dalam diskusi, berani menyampaikan pendapat, dan lebih mudah memahami materi yang dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari. Perubahan kecil ini menjadi bukti nyata bahwa strategi deep learning mampu memberikan ruang bagi siswa untuk berkembang lebih jauh.
Bagi Ekong Wahono, pengalaman ini bukan hanya tentang peningkatan profesionalitas sebagai guru, tetapi juga tentang perjalanan pribadi untuk menjadi lebih baik. Ia percaya bahwa guru yang terus belajar akan selalu mampu memberi inspirasi bagi siswanya. Melalui penyesuaian dan semangat untuk memperbaiki diri, ia yakin bahwa pembelajaran mendalam akan semakin memperkuat kualitas pendidikan di sekolahnya.