Membangun Pembelajaran yang Menyenangkan: Pengalaman Berharga dari Diklat Nasional 40JP tentang Deep Learning

Testimoni Diklat Nasional 40JP: Strategi Efektif Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Deep Learning

Saya, Dian Oktaviani, S.Pd, MI Mathla’ul Anwar Gunung Baru, merasa sangat beruntung dapat mengikuti Diklat Nasional 40JP dengan tema “Strategi Efektif Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Deep Learning”. Kegiatan ini bukan hanya sekadar pelatihan, tetapi lebih sebagai sebuah transformasi cara berpikir dan bertindak dalam merancang proses pembelajaran yang lebih efektif.

Selama mengikuti diklat ini, saya menemukan berbagai pendekatan baru yang bisa diterapkan dalam mengajar. Salah satu yang paling berkesan adalah pentingnya pendekatan terhadap peserta didik. Saya belajar bahwa setiap anak memiliki karakteristik dan kebutuhan yang berbeda-beda. Dengan memahami hal ini, saya bisa lebih peka terhadap sikap emosional anak, sehingga dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih nyaman dan menyenangkan. Ini adalah langkah awal yang sangat penting karena suasana hati peserta didik sangat memengaruhi kemampuan mereka dalam menyerap materi.

Materi yang diajarkan dalam diklat ini sangat aplikatif dan relevan dengan kebutuhan di lapangan. Saya mendalami bagaimana merancang pembelajaran yang tidak hanya fokus pada transfer pengetahuan, tetapi juga membuat siswa aktif berpartisipasi. Dengan menerapkan prinsip deep learning, saya kini lebih mampu merangsang rasa ingin tahu siswa dan membantu mereka untuk mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari. Hal ini membuat siswa jauh lebih paham dengan proses pembelajaran yang saya rancang.

Selain itu, interaksi dengan para peserta dan narasumber selama diklat sangat menginspirasi. Saya mendapatkan banyak ide kreatif dan inovatif dalam menyusun strategi mengajar yang lebih menarik. Misalnya, melalui penggunaan teknologi dan media pembelajaran yang bervariasi, saya dapat menyajikan materi yang lebih interaktif dan menantang bagi siswa.

Keberhasilan dalam merancang pembelajaran yang menyenangkan bukan hanya membawa dampak positif bagi siswa, tetapi juga bagi saya sebagai guru. Saya merasa lebih termotivasi dan bersemangat dalam menjalankan tugas sebagai pendidik. Dengan penerapan strategi yang telah dipelajari, saya yakin dapat menciptakan suasana belajar yang lebih efektif dan menginspirasi siswa untuk menjadi pembelajar yang mandiri.

Secara keseluruhan, Diklat Nasional 40JP adalah pengalaman yang sangat berharga bagi saya. Saya sangat merekomendasikan program ini kepada para guru lain yang ingin meningkatkan kompetensi dan efektivitas dalam proses pembelajaran. Mari bersama-sama kita hadirkan pendidikan yang menyenangkan dan bermanfaat bagi generasi masa depan!

Previous Article

Mewujudkan Pembelajaran Menyenangkan: Pengalaman Inspiratif dari Diklat Nasional 40JP oleh Daru Yudhistira, S.Pd SD

Next Article

Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Pengalaman Diklat Nasional 40JP: Testimoni Rudi Fardiana, S.Pd.I

Write a Comment

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Update Artikel Kami

Pure inspiration, zero spam ✨