Asnidar, S.Pd., guru di MIN 10 Aceh Tamiang, berbagi pengalamannya dalam menerapkan konsep dasar pembelajaran mendalam untuk meningkatkan keterlibatan dan keceriaan peserta didik. Sebelum menerapkan pendekatan ini, Asnidar menyadari bahwa banyak siswa yang hanya belajar untuk lulus ujian tanpa benar-benar memahami materi yang diajarkan.
“Setelah menerapkan pembelajaran mendalam, saya melihat perubahan yang signifikan. Siswa menjadi lebih aktif dalam kelas, lebih berani bertanya, dan lebih terlibat dalam diskusi,” ujar Asnidar. Dengan pendekatan ini, siswa tidak hanya menerima informasi, tetapi juga belajar menghubungkan materi yang dipelajari dengan kehidupan sehari-hari.
Pembelajaran mendalam juga mendorong siswa untuk berpikir kritis dan menyelesaikan masalah yang relevan dengan kehidupan mereka. “Dengan pendekatan interaktif ini, siswa merasa lebih dihargai, dan suasana kelas menjadi lebih dinamis,” tambahnya.
Author: Yasmin Sindoro Salsabila