Sakinah Munawaroh, S.Pd., guru di MTSS Usman Syarif, berbagi pengalamannya mengenai pendekatan materi berbasis masalah yang meningkatkan kualitas pembelajaran dan membuat kelas terasa lebih nyaman. Dengan fokus pada solusi konkret, siswa lebih termotivasi untuk belajar.
“Dalam pembelajaran berbasis masalah, materi yang diberikan selalu berhubungan dengan isu nyata yang ada di sekitar siswa,” ujar Sakinah. Misalnya, dalam topik ekologi, siswa diajak untuk menganalisis masalah lingkungan di sekitar mereka dan mencari solusi yang relevan.
Selain itu, Sakinah juga menyoroti pentingnya pengelolaan waktu dan sarana yang memadai. “Setiap sesi pembelajaran dirancang dengan waktu yang cukup untuk mendalami materi, berdiskusi, dan berkolaborasi,” jelasnya. Sarana yang nyaman dan mendukung, seperti teknologi dan ruang kelas yang baik, juga berperan penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan.
Dengan pendekatan ini, Sakinah melihat peningkatan signifikan dalam keterlibatan siswa dan kualitas pembelajaran mereka. Ia merasa bahwa siswa tidak hanya memperoleh pengetahuan, tetapi juga keterampilan berpikir kritis yang sangat berguna untuk masa depan mereka.
Author: Yasmin Sindoro Salsabila