Supiyah, S.Pd., guru di Mim Banjarsari Metro, berbagi pengalaman tentang bagaimana pendekatan pembelajaran mendalam yang menyenangkan dapat meningkatkan motivasi siswa. Ia menggunakan pembelajaran berbasis proyek yang melibatkan siswa dalam pengalaman belajar yang lebih praktis dan relevan.
“Pembelajaran berbasis proyek memberi siswa kesempatan untuk tidak hanya belajar teori, tetapi juga mengaplikasikan pengetahuan mereka dalam kehidupan nyata,” jelas Supiyah. Salah satu contoh, dalam pelajaran sains, siswa diajak untuk merancang eksperimen yang relevan dengan materi yang sedang diajarkan. Ini membantu mereka melihat hasil nyata dari teori yang mereka pelajari.
Selain itu, Supiyah mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran, dengan menggunakan aplikasi interaktif dan platform daring. “Teknologi memungkinkan pembelajaran menjadi lebih dinamis dan menarik bagi siswa,” tambahnya.
Supiyah merasa bahwa pendekatan ini memberikan hasil yang memuaskan, dengan peningkatan signifikan dalam keterlibatan dan hasil belajar siswa. Pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, siswa menjadi lebih percaya diri dalam menyampaikan pendapat dan berpartisipasi aktif dalam diskusi kelas.
Author: Yasmin Sindoro Salsabila