Mendorong Kemandirian Anak dalam Pembelajaran: Menemukan Solusi Masalah secara Mandiri

Lilis Maylani, S.Pd., guru di MIS Darul Huda Kota Bandar Lampung, berbagi tentang bagaimana ia menciptakan lingkungan yang mendukung anak-anak untuk menemukan solusi sendiri dalam proses pembelajaran. Menurut Lilis, memberikan kesempatan bagi siswa untuk menyelesaikan masalah secara mandiri dapat membangun kepercayaan diri dan kemandirian mereka.

“Saya mengenali bahwa setiap anak memiliki cara belajar yang berbeda. Dengan pendekatan yang lebih interaktif dan menggunakan permainan edukatif, saya dapat membantu anak-anak untuk belajar dengan cara yang lebih menyenangkan,” ujar Lilis. Ia menyarankan agar anak-anak diberi ruang untuk berpikir kritis dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mendorong mereka mencari solusi secara mandiri.

Lilis melihat perubahan signifikan pada respon siswa setelah beberapa kali mencoba pendekatan ini. “Anak-anak mulai belajar untuk tidak takut membuat kesalahan, dan mereka merasa lebih dihargai saat bisa menyampaikan pemikiran mereka,” katanya. Dengan memberikan pilihan metode pembelajaran, siswa dapat memilih yang paling sesuai dengan gaya belajar mereka, yang membuat proses belajar lebih menyenangkan.

Melalui pendekatan ini, Lilis percaya bahwa anak-anak tidak hanya akan berkembang dalam aspek akademik, tetapi juga dalam kemandirian mereka dalam memecahkan masalah.

Author: Yasmin Sindoro Salsabila

Previous Article

Diklat Nasional 40JP: Membangun Pembelajaran Menyenangkan dengan Pendekatan Deep Learning

Next Article

Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dengan Materi Berbasis Masalah: Waktu, Sarana, dan Suasana Kelas yang Nyaman

Write a Comment

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Update Artikel Kami

Pure inspiration, zero spam ✨