Transformasi Pembelajaran: Pengalaman Rosa Alvionita Indarwati dalam Diklat Nasional 40JP tentang Deep Learning

Sebagai seorang pendidik, saya selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Oleh karena itu, saya merasa sangat beruntung dapat mengikuti Diklat Nasional 40JP dengan tema “Strategi Efektif Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Deep Learning”. Kegiatan ini memberikan wawasan yang sangat berharga bagi pengembangan profesional saya sebagai guru.

Materi pembelajaran mendalam yang disampaikan selama diklat sangat kaya dan informatif. Saya belajar tentang bagaimana deep learning dapat diintegrasikan ke dalam proses pembelajaran. Konsep ini berfokus pada pengembangan keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa, sehingga mereka tidak hanya menghafal informasi, tetapi juga dapat memahami dan menerapkan pengetahuan dalam konteks nyata. Melalui pendekatan ini, saya menyadari pentingnya menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan interaktif, di mana siswa merasa terlibat dan termotivasi untuk belajar.

Namun, saya tidak bisa menutup mata terhadap tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis deep learning, terutama di sekolah saya, SD Negeri 125 Palembang. Sarana dan prasarana yang kurang memadai menjadi kendala yang signifikan. Misalnya, kurangnya akses terhadap teknologi pendidikan dan alat peraga yang mendukung proses belajar mengajar. Hal ini seringkali menghambat saya dalam menerapkan strategi yang telah dipelajari. Meskipun demikian, saya yakin bahwa tantangan ini dapat diatasi dengan kreativitas dan inovasi dalam perencanaan pembelajaran.

Saya termotivasi untuk terus mengembangkan diri agar dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Dalam era digital saat ini, penting bagi pendidik untuk terus beradaptasi dan belajar. Saya berkomitmen untuk mencari solusi agar dapat memaksimalkan potensi siswa meskipun dalam keterbatasan yang ada. Melalui kolaborasi dengan rekan-rekan guru dan mencari sumber daya tambahan, saya percaya bahwa kita bisa menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik.

Dalam penutup, Diklat Nasional 40JP ini telah memberikan saya perspektif baru mengenai pentingnya pembelajaran yang menyenangkan dan berbasis deep learning. Saya sangat berterima kasih kepada panitia dan narasumber yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Semoga ke depannya, saya dapat terus menerapkan ilmu yang didapat dan berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, serta mendorong siswa-siswa saya untuk menjadi generasi yang berpikir kritis dan kreatif.

Previous Article

Meningkatkan Keterlibatan Siswa dengan Deep Learning: Pengalaman dalam Diklat Nasional 40JP

Next Article

Menciptakan Pembelajaran yang Bermakna dengan Deep Learning: Pengalaman dalam Diklat Nasional 40JP

Write a Comment

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Update Artikel Kami

Pure inspiration, zero spam ✨