Saya, Abrori, S.Ag., seorang guru, merasa sangat mendapatkan manfaat dari mengikuti Diklat Nasional 40JP dengan tema “Strategi Efektif Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Deep Learning.” Salah satu hal yang saya pelajari adalah pentingnya deep learning dalam menciptakan pembelajaran yang lebih mendalam dan bermakna bagi siswa. Meskipun demikian, saya menyadari bahwa deep learning juga membutuhkan data besar untuk mengoptimalkan penerapannya, yang bisa menjadi tantangan tersendiri, terutama dalam keterbatasan sumber daya.
Namun, meskipun ada tantangan terkait dengan data dan sumber daya yang diperlukan, saya merasa bahwa deep learning memberikan peluang besar untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Dengan pendekatan ini, siswa dapat terlibat lebih aktif, berpikir kritis, dan berkolaborasi dalam memecahkan masalah, yang membuat mereka lebih bersemangat dan antusias dalam belajar.
Setelah mengikuti diklat ini, saya semakin percaya bahwa meskipun membutuhkan persiapan dan sumber daya yang lebih banyak, deep learning dapat mengubah dinamika pembelajaran di kelas. Pembelajaran menjadi lebih interaktif, memberi ruang bagi siswa untuk mengeksplorasi materi dengan cara yang lebih menyenangkan dan lebih relevan dengan kehidupan nyata mereka.
Saya sangat berterima kasih atas kesempatan mengikuti diklat ini, yang telah memberi saya wawasan baru dan keterampilan yang sangat berguna untuk mengembangkan pembelajaran yang lebih mendalam. Saya berharap dapat terus menerapkan deep learning dalam kelas untuk lebih meningkatkan keterlibatan siswa dan menciptakan pengalaman belajar yang lebih bermanfaat.