Nama saya Minarti, S.Pd., dan saya adalah seorang pendidik di TK Muslimat NU 24 Sukorejo Kebomas Gresik. Baru-baru ini, saya mengikuti Diklat Nasional 40JP dengan tema “Strategi Efektif Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Deep Learning”. Pengalaman ini memberikan banyak wawasan dan inspirasi bagi saya sebagai pendidik.
Diklat ini diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam merancang pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik bagi siswa. Konsep Deep Learning yang diangkat dalam diklat ini menjadi fokus utama, di mana pendidik diajarkan untuk tidak hanya menyampaikan materi, tetapi juga untuk melibatkan siswa secara aktif dalam proses belajar. Melalui berbagai metode dan pendekatan, saya belajar bagaimana cara menyusun kegiatan pembelajaran yang tidak hanya edukatif, tetapi juga menyenangkan.
Salah satu hal yang paling menarik bagi saya adalah cara mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran. Dalam sesi-sesi yang dipandu oleh narasumber yang berpengalaman, saya diperkenalkan pada berbagai alat dan platform yang dapat digunakan untuk mendukung proses pembelajaran. Misalnya, penggunaan aplikasi interaktif yang memungkinkan siswa untuk belajar secara mandiri dan kolaboratif. Hal ini sangat relevan di era digital saat ini, di mana anak-anak sudah akrab dengan teknologi.
Namun, meskipun saya merasa bahwa materi yang disampaikan sangat bermanfaat, saya belum merasakan dampak langsung dari implementasi strategi yang diajarkan dalam diklat ini. Mengingat saya baru saja menyelesaikan diklat, saya menyadari bahwa waktu dan proses adaptasi diperlukan untuk menerapkan pembelajaran yang baru. Saya percaya bahwa dengan latihan dan pengalaman, saya akan dapat menerapkan metode yang telah saya pelajari dengan lebih baik di kelas.
Secara keseluruhan, saya sangat menghargai kesempatan untuk mengikuti Diklat ini. Meskipun saat ini belum ada dampak yang signifikan, saya optimis bahwa pengetahuan dan keterampilan yang telah saya peroleh akan memperkaya pengalaman belajar siswa-siswa saya di masa depan. Saya berencana untuk menerapkan beberapa strategi yang telah diajarkan, dan saya berharap dapat melihat perubahan positif dalam cara siswa berinteraksi dengan materi pelajaran.
Diklat ini telah membuka mata saya tentang pentingnya inovasi dalam pendidikan, terutama dalam menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan efektif. Saya sangat merekomendasikan diklat serupa kepada rekan-rekan pendidik lainnya, karena saya yakin bahwa setiap guru bisa mendapatkan manfaat yang sama dari pelatihan ini.