Nurhasani Harahap, guru di TK AISYIAH Bustanul Athfal III, mengikuti Diklat Nasional 40JP yang bertajuk “Strategi Efektif Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Deep Learning”. Diklat ini dirancang untuk membekali guru dengan strategi pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan, sekaligus menanamkan pendekatan deep learning yang mendalam sehingga anak-anak tidak hanya menerima materi, tetapi juga berpikir kritis dan aktif berpartisipasi.
Selama mengikuti diklat, Nurhasani memperoleh pemahaman yang lebih baik mengenai konsep dasar pembelajaran mendalam. Ia menekankan bahwa inti dari pendekatan ini adalah membuat siswa menjadi pusat pembelajaran, dengan guru berperan sebagai fasilitator yang mendorong anak-anak untuk menemukan, mengeksplorasi, dan memahami pengetahuan secara mendalam.
Dalam proses penerapan di kelas, Nurhasani mulai mencoba mengimplementasikan strategi yang dipelajari. Tantangan yang dihadapi termasuk merubah kebiasaan lama dalam pembelajaran yang cenderung lebih tradisional, di mana anak-anak pasif menerima informasi. Dengan pendekatan deep learning, ia mulai membiasakan diri untuk menciptakan kegiatan belajar yang lebih interaktif, menyenangkan, dan relevan dengan kehidupan sehari-hari anak-anak.
Hasil yang terlihat sejauh ini cukup positif. Nurhasani merasa lebih memahami apa itu pembelajaran mendalam dan bagaimana mengaplikasikannya dalam praktik di kelas. Anak-anak menjadi lebih antusias dalam mengikuti kegiatan belajar, lebih aktif bertanya, berdiskusi, dan mencoba memecahkan masalah secara kreatif. Hal ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran berbasis deep learning efektif untuk meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa sejak usia dini.
Pengalaman Nurhasani menegaskan pentingnya inovasi dalam pendidikan anak usia dini. Diklat ini memberinya wawasan baru untuk menata kegiatan belajar yang lebih bermakna dan menyenangkan. Dengan pendekatan ini, guru tidak hanya mengajarkan pengetahuan, tetapi juga menanamkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan kolaboratif pada anak-anak. Nurhasani berharap, dengan konsistensi penerapan strategi ini, pembelajaran di TK AISYIAH Bustanul Athfal III akan semakin efektif dan menyenangkan bagi semua siswa.