Munawar, S.Pd.I, guru di MIN 21 Aceh Selatan, mengikuti Diklat Nasional 40JP dengan tema “Strategi Efektif Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Deep Learning”. Diklat ini dirancang untuk membekali guru dengan strategi yang dapat membuat pembelajaran lebih mendalam, interaktif, dan menyenangkan bagi siswa.
Walaupun Munawar belum sepenuhnya menerapkan materi diklat di kelasnya, ia sudah mulai merencanakan strategi pembelajaran yang berfokus pada deep learning. Menurutnya, pendekatan ini sangat efektif karena tidak hanya menekankan penguasaan materi oleh siswa, tetapi juga mendorong mereka untuk berpikir kritis, kreatif, dan reflektif. Strategi yang dipelajari dalam diklat mempermudah guru dalam merancang kegiatan belajar yang aktif dan menyenangkan, sehingga proses belajar menjadi lebih hidup.
Munawar mencatat perubahan positif yang dirasakan bahkan saat tahap awal penerapan. Anak-anak menunjukkan antusiasme tinggi selama proses pembelajaran. Mereka lebih bersemangat untuk mengikuti kegiatan, lebih aktif dalam berdiskusi, dan lebih tertarik untuk mengeksplorasi materi secara mandiri. Hal ini menegaskan bahwa strategi deep learning tidak hanya meningkatkan pemahaman akademis, tetapi juga mengembangkan minat belajar dan keterampilan berpikir siswa secara menyeluruh.
Menurut Munawar, kunci keberhasilan strategi ini terletak pada penyesuaian metode pengajaran sesuai kebutuhan dan karakteristik siswa. Dengan memahami gaya belajar dan potensi masing-masing anak, guru dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih personal dan bermakna. Ini juga membantu menciptakan suasana kelas yang kondusif, di mana siswa merasa nyaman untuk bertanya, mencoba hal baru, dan mengembangkan kreativitas mereka.
Pengalaman Munawar menunjukkan bahwa diklat seperti ini memberikan panduan praktis dan inspirasi bagi guru untuk mengubah pendekatan belajar-mengajar. Dengan menerapkan prinsip-prinsip deep learning, guru dapat menghidupkan kelas, membuat materi lebih mudah dipahami, dan menumbuhkan motivasi siswa secara berkelanjutan.
Munawar berharap, dengan penerapan strategi yang menyenangkan ini, anak-anak di MIN 21 Aceh Selatan tidak hanya belajar untuk menguasai materi, tetapi juga menikmati proses belajar, aktif berpartisipasi, dan berkembang menjadi individu yang kreatif, percaya diri, dan bersemangat dalam menimba ilmu.