Maeatun, S.Pd, seorang guru di MTsS Alhidayah Karangmangu, mengikuti Diklat Nasional 40JP dengan tema “Strategi Efektif Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Deep Learning”. Diklat ini memperkenalkan konsep joyful learning sebagai strategi untuk membuat pembelajaran lebih menarik, menyenangkan, dan mampu menumbuhkan semangat belajar peserta didik.
Meskipun belum sepenuhnya menerapkan materi diklat di kelasnya, Maeatun mulai merencanakan langkah-langkah untuk membuat proses belajar lebih interaktif. Salah satu tantangan yang dihadapi adalah kepeminatan atau semangat belajar siswa yang masih kurang. Hal ini menjadi perhatian utama guru dalam merancang strategi agar setiap anak dapat merasa terlibat dan termotivasi.
Diklat memberikan Maeatun wawasan penting bahwa pembelajaran mendalam tidak selalu harus kompleks atau berbasis teknologi tinggi. Dengan pendekatan yang tepat, guru bisa menghadirkan kelas yang menyenangkan, di mana siswa tidak hanya menerima informasi, tetapi juga aktif berpikir kritis, berkolaborasi, dan menemukan solusi dari masalah yang diberikan. Maeatun berharap, dengan penerapan joyful learning secara konsisten, kelasnya akan menjadi lebih menarik dan bermakna bagi siswa.
Guru ini menyadari bahwa perubahan tidak bisa instan. Dibutuhkan kesabaran dan kreativitas dalam menyesuaikan metode belajar dengan karakteristik peserta didik. Namun, Maeatun optimis bahwa upaya yang dilakukan akan berdampak positif, tidak hanya pada kemampuan akademik siswa, tetapi juga pada sikap, motivasi, dan keterampilan sosial mereka.
Bagi Maeatun, diklat ini bukan sekadar tambahan ilmu, tetapi sumber inspirasi untuk menghadirkan pengalaman belajar yang lebih hidup. Strategi joyful learning yang diperoleh di diklat membuka peluang bagi guru untuk mengeksplorasi berbagai metode kreatif, sehingga setiap pertemuan di kelas menjadi kesempatan untuk menumbuhkan rasa ingin tahu, antusiasme, dan kebahagiaan belajar siswa.