Bernadi Napitupulu, guru di SDN 175857 Parsorminan, mengikuti Diklat Nasional 40JP dengan tema “Strategi Efektif Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Deep Learning”. Diklat ini bertujuan memberikan pemahaman mendalam tentang bagaimana guru dapat merancang pembelajaran yang tidak hanya menyenangkan, tetapi juga mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis, kreatif, dan kolaboratif pada peserta didik.
Menurut Bernadi, ia masih berada pada tahap awal mencoba menerapkan konsep deep learning di kelas. Meskipun belum secara penuh mencoba semua materi dan strategi yang diperoleh dari diklat, pengalaman mengikuti diklat memberikan motivasi dan wawasan baru untuk mengembangkan metode pembelajaran yang lebih interaktif dan mendalam.
Tahap awal ini, bagi Bernadi, penting sebagai proses adaptasi dan eksplorasi. Ia menekankan bahwa guru perlu memahami karakteristik siswa, kesiapan sarana, dan konteks pembelajaran sebelum menerapkan konsep deep learning secara maksimal. Meskipun masih banyak hal yang harus dicoba, Bernadi yakin bahwa penerapan bertahap akan membantu siswa lebih mudah memahami materi dan menjadi lebih aktif dalam pembelajaran.
Diklat ini juga menekankan pentingnya kreativitas guru dalam menyusun strategi pembelajaran, sehingga setiap sesi dapat membangkitkan antusiasme siswa. Bernadi menilai bahwa pembelajaran yang menyenangkan akan menumbuhkan motivasi belajar, meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi, serta membentuk karakter yang positif pada peserta didik.
Dengan kesadaran bahwa proses penerapan deep learning membutuhkan waktu, Bernadi berkomitmen untuk terus mencoba dan mengevaluasi langkah-langkahnya. Ia percaya bahwa melalui latihan dan pengalaman, konsep yang diperoleh dari diklat akan dapat diterapkan secara efektif, membawa perubahan positif dalam proses belajar mengajar, serta meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolahnya.
Langkah awal Bernadi menunjukkan bahwa keberanian untuk mencoba adalah kunci dalam mengembangkan metode pembelajaran baru. Dengan kesabaran dan konsistensi, guru dapat mewujudkan kelas yang lebih hidup, kreatif, dan menyenangkan, sekaligus menyiapkan siswa menghadapi tantangan di era modern.