Memulai Pembelajaran Mendalam di Kimia

Siti Hajar, ST, guru di SMAS Fatahillah Jakarta, mengikuti Diklat Nasional 40JP bertema “Strategi Efektif Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Deep Learning”. Diklat ini memberikan wawasan baru bagi Siti Hajar tentang bagaimana merancang pembelajaran yang lebih mendalam dan menyenangkan, khususnya dalam mata pelajaran Kimia.

Walaupun baru satu hari mengikuti diklat, Siti Hajar mulai memahami konsep deep learning. Pendekatan ini menekankan pentingnya keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran, bukan sekadar menerima informasi. Dengan deep learning, guru dapat mendorong siswa untuk berpikir kritis, menganalisis fenomena ilmiah, dan menerapkan konsep kimia dalam kehidupan sehari-hari.

Tantangan utama bagi Siti Hajar saat ini adalah penerapan langsung dalam mata pelajaran Kimia. Mengingat diklat baru berjalan satu hari, proses adaptasi masih berlangsung. Guru masih menyesuaikan cara menyampaikan materi agar sesuai dengan prinsip pembelajaran mendalam, sekaligus menjaga agar kelas tetap menyenangkan dan interaktif.

Meski demikian, Siti Hajar menyadari pentingnya inovasi dalam mengajar. Pendekatan deep learning menawarkan kesempatan untuk membuat materi Kimia lebih relevan bagi siswa, misalnya melalui eksperimen sederhana, diskusi kelompok, atau proyek kreatif yang menantang pemikiran mereka. Dengan cara ini, siswa tidak hanya memahami teori, tetapi juga dapat menghubungkan konsep dengan praktik nyata.

Siti Hajar berharap, dengan menerapkan strategi pembelajaran ini secara bertahap, siswa akan menjadi lebih aktif, kritis, dan termotivasi dalam belajar Kimia. Selain itu, guru juga akan lebih percaya diri dalam menyampaikan materi yang kompleks dengan cara yang menyenangkan.

Pengalaman mengikuti diklat ini menegaskan bahwa pembelajaran mendalam bukan hanya tentang teknik mengajar, tetapi juga tentang membangun lingkungan belajar yang merangsang kreativitas, kolaborasi, dan rasa ingin tahu siswa. Pendekatan ini menjadi fondasi penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan di SMAS Fatahillah Jakarta, khususnya di bidang sains

Previous Article

Menghadapi Siswa Heterogen

Next Article

Deep Learning untuk Anak Usia Dini

Write a Comment

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Update Artikel Kami

Pure inspiration, zero spam ✨