Fa’ila Ulfa Zahrotul Firdausy, S.Pd, guru di MTs NDM Surakarta, berbagi pengalaman mengikuti Diklat Nasional 40JP dengan tema “Strategi Efektif Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Deep Learning”. Diklat ini memberinya wawasan baru dalam merancang pembelajaran yang lebih menyenangkan dan bermakna, terutama untuk menghadapi siswa dengan kemampuan yang beragam.
Dalam penerapannya, Fa’ila Ulfa menyadari bahwa masih diperlukan perbaikan dan pembiasaan dalam mengaplikasikan prinsip-prinsip deep learning. Tantangan terbesar yang dihadapi adalah ketika mengajar siswa SMP yang minim materi dasar, misalnya yang belum memahami konsep pengurangan atau perhitungan sederhana. Hal ini membuat guru harus ekstra kreatif dalam menyesuaikan materi agar bisa dipahami oleh semua siswa, tanpa membuat mereka merasa tertinggal atau kehilangan minat belajar.
Pendekatan deep learning membantu Fa’ila Ulfa untuk menyesuaikan strategi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan setiap kelas. Dengan metode ini, guru dapat merancang kegiatan belajar yang interaktif, mendorong siswa untuk berpikir kritis, dan tetap memotivasi mereka untuk aktif berpartisipasi. Meskipun masih dalam proses pembiasaan, pengalaman mengikuti diklat memberikan kepercayaan diri untuk terus mencoba dan mengevaluasi pendekatan yang paling efektif bagi setiap siswa.
“Diklat ini membuka wawasan baru bagi saya. Saya belajar bagaimana menghadapi perbedaan kemampuan siswa, sekaligus membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan,” ujarnya. Ia menambahkan bahwa prinsip deep learning tidak hanya meningkatkan keterlibatan siswa, tetapi juga membantu guru dalam membangun suasana kelas yang positif dan inklusif.
Fa’ila Ulfa optimis bahwa dengan konsistensi dan latihan, penerapan deep learning akan semakin lancar. Guru dapat terus mengembangkan metode pengajaran yang menyesuaikan dengan karakteristik siswa, sehingga setiap anak memiliki kesempatan untuk belajar secara mendalam, berpikir kritis, dan menguasai konsep dasar dengan lebih baik. Diklat ini menjadi landasan penting bagi guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolahnya.