Nurhusna, guru di MIN 1 Lampung Selatan, membagikan pengalamannya setelah mengikuti Diklat Nasional 40JP bertema “Strategi Efektif Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Deep Learning”. Ia menekankan bahwa pembelajaran mendalam (deep learning) sangat penting untuk mempersiapkan generasi muda Indonesia menghadapi kompleksitas dan tantangan dunia yang terus berubah.
Menurut Nurhusna, materi diklat menekankan latihan keterampilan berpikir tingkat tinggi, seperti berpikir kritis, analitis, dan pemecahan masalah kompleks. Selain itu, pendekatan ini mendorong pembentukan karakter yang kuat serta kemampuan berkolaborasi dan berkomunikasi secara efektif. Hal ini membantu siswa tidak hanya memahami materi secara akademik, tetapi juga siap menghadapi kehidupan nyata yang dinamis dan menuntut keterampilan berpikir mendalam.
Salah satu hal yang paling berkesan bagi Nurhusna adalah saran narasumber bahwa pembelajaran yang menarik tidak selalu harus berbasis teknologi. Kreativitas guru dan metode yang tepat dapat membuat pembelajaran tetap menyenangkan, interaktif, dan efektif, meskipun tanpa media digital canggih. Hal ini menegaskan bahwa inti dari pendidikan mendalam adalah strategi mengajar yang inovatif dan menstimulasi berpikir kritis siswa.
Dalam penerapannya, Nurhusna menghadapi tantangan terkait kemampuan dan kesiapan awal siswa. Namun, ia yakin bahwa dengan perencanaan yang tepat dan pemanfaatan prinsip deep learning, setiap siswa dapat mengikuti pembelajaran secara optimal. Diklat ini juga memberikan wawasan baru bagi guru mengenai cara menyesuaikan metode pengajaran sesuai kebutuhan peserta didik, sehingga proses KBM menjadi lebih efektif dan menyenangkan.
“Diklat ini membuka wawasan saya tentang pentingnya pembelajaran mendalam untuk membentuk karakter dan keterampilan berpikir siswa. Ini akan sangat berguna untuk meningkatkan kualitas pengajaran saya,” ujar Nurhusna. Pengalaman mengikuti diklat ini memberikan perubahan positif dalam pengetahuan dan strategi pengajaran guru, sekaligus memotivasi untuk terus mengembangkan metode pembelajaran yang inovatif.
Dengan bekal dari diklat, Nurhusna optimis dapat menerapkan strategi deep learning, menciptakan kelas yang interaktif, menyenangkan, dan berdampak positif bagi perkembangan akademik serta karakter peserta didik di MIN 1 Lampung Selatan. Pendekatan ini diyakini menjadi kunci untuk meningkatkan minat belajar sekaligus kualitas pendidikan di sekolah.