Emy Sulastri, S.Pd, guru di SMPN 2 Kesesi, membagikan pengalamannya setelah mengikuti Diklat Nasional 40JP bertema “Strategi Efektif Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Deep Learning”. Ia menekankan bahwa pelatihan ini sangat membantu guru dalam menghadirkan pembelajaran yang lebih menyenangkan dan efektif bagi siswa.
Menurut Emy, materi diklat yang ia ikuti membekalinya dengan strategi untuk mencari pembuktian dalam proses belajar mengajar, sehingga siswa dapat langsung merasakan manfaatnya. Dengan pendekatan deep learning, siswa lebih mudah memahami materi secara mendalam, berpikir kritis, dan terlibat aktif dalam kegiatan belajar.
Meski masih ada tantangan, seperti kurang “greget” pada sebagian peserta didik, Emy melihat perubahan positif dalam suasana kelas. Pendekatan ini membuat proses belajar lebih menyenangkan karena siswa bisa langsung mengena dengan materi yang diajarkan. Mereka lebih antusias mengikuti pelajaran, aktif bertanya, dan mencoba memahami konsep secara menyeluruh.
Selain itu, diklat ini memberinya wawasan praktis yang dapat langsung diterapkan di kelas. Emy merasa lebih percaya diri dalam merancang aktivitas belajar yang interaktif, menyesuaikan metode pengajaran dengan karakter siswa, dan menghadirkan suasana belajar yang bermakna. Strategi ini tidak hanya membantu siswa memahami materi, tetapi juga mendorong mereka untuk berpikir kritis dan kreatif.
“Pelatihan ini membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan langsung berdampak pada pemahaman siswa. Saya merasa lebih siap dan percaya diri dalam mengajar,” ujar Emy Sulastri. Pengalaman ini memperkuat kemampuan profesionalnya sebagai guru dan memberi inspirasi untuk terus mengembangkan metode pengajaran di kelas.
Dengan bekal dari diklat, Emy optimis dapat terus menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif, menyenangkan, dan berdampak positif bagi perkembangan peserta didik. Pendekatan deep learning diyakini menjadi kunci untuk meningkatkan minat belajar sekaligus kualitas pendidikan di sekolah.