Harlina Ramelan, M.Pd, dosen sekaligus guru di Universitas Negeri Padang, membagikan pengalamannya setelah mengikuti Diklat Nasional 40JP bertema “Strategi Efektif Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Deep Learning”. Meskipun ia belum menerapkan strategi pembelajaran mendalam di kelas, Harlina merasa diklat ini memberikan banyak pengetahuan baru yang bermanfaat bagi pengembangan metode pengajaran.
Menurut Harlina, materi diklat menekankan pembelajaran mendalam, yang tidak hanya fokus pada penguasaan materi, tetapi juga pada pemahaman konsep secara menyeluruh, berpikir kritis, dan keterampilan analisis siswa. Dengan wawasan ini, guru dan dosen diharapkan mampu merancang proses belajar yang lebih efektif, menyenangkan, dan berdampak positif pada kualitas belajar mahasiswa maupun siswa.
Harlina menekankan bahwa diklat ini memberi banyak insight baru, mulai dari strategi menyusun modul ajar, metode interaktif, hingga pendekatan deep learning yang mendorong partisipasi aktif peserta didik. Walaupun belum diterapkan, pengalaman belajar selama diklat membuatnya lebih siap dan percaya diri untuk mengaplikasikan strategi ini di masa mendatang.
Ia juga menilai bahwa penerapan pembelajaran mendalam akan sangat bermanfaat, terutama dalam membangun keterampilan berpikir kritis dan kreatif bagi siswa maupun mahasiswa. “Diklat ini memberi saya wawasan baru dan motivasi untuk segera mencoba strategi ini agar proses belajar lebih efektif dan menyenangkan,” ujar Harlina.
Harlina berharap, setelah menyesuaikan diri dan merancang materi yang tepat, strategi deep learning dapat diterapkan secara bertahap di kelas. Dengan begitu, peserta didik dapat mengalami pembelajaran yang bermakna, aktif, dan relevan dengan kebutuhan mereka.
“Walaupun belum diterapkan, diklat ini sudah membuka banyak pengetahuan baru dan memberi inspirasi untuk terus mengembangkan kualitas pengajaran saya,” pungkas Harlina Ramelan.