Mendorong Pembelajaran Mendalam di Kelas

Dra. Lailatul Badriyah, guru di MTs Daarul Aytaam Situbondo, mengikuti Diklat Nasional 40JP dengan tema “Strategi Efektif Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Deep Learning”. Diklat ini membekali guru dengan strategi pembelajaran yang menyenangkan, interaktif, dan mampu meningkatkan keterlibatan serta pemahaman siswa secara mendalam.

Lailatul telah mulai menerapkan strategi yang dipelajari. Fokus utama diklat adalah memahami manfaat pembelajaran mendalam bagi siswa, di mana mereka tidak hanya menghafal materi, tetapi benar-benar memahami konsep, berpikir kritis, dan terlibat aktif dalam proses belajar. Strategi ini mendorong siswa untuk berpikir analitis, berkolaborasi dengan teman sebaya, dan mengaitkan materi pembelajaran dengan pengalaman nyata.

Salah satu tantangan yang dihadapi Lailatul adalah kurangnya pengetahuan dasar siswa serta rendahnya rasa percaya diri. Kondisi ini membuat jalannya diskusi di kelas kurang lancar, karena siswa merasa ragu untuk berpartisipasi aktif. Kendala ini menjadi perhatian penting bagi guru, karena keberhasilan pembelajaran mendalam sangat bergantung pada keterlibatan siswa secara aktif dan percaya diri dalam menyampaikan ide.

Meski demikian, pengalaman mengikuti diklat memberikan Lailatul pemahaman yang lebih jelas tentang cara memfasilitasi siswa agar lebih percaya diri dan siap berpartisipasi. Dengan strategi dan metode yang tepat, guru dapat menciptakan suasana belajar yang inklusif, mendorong siswa untuk aktif bertanya, berdiskusi, dan mencoba menyelesaikan masalah secara mandiri maupun berkelompok.

Penerapan strategi pembelajaran mendalam meliputi berbagai metode, seperti diskusi kelompok, proyek berbasis pembelajaran, studi kasus, dan refleksi bersama. Dengan pendekatan ini, siswa dapat belajar lebih interaktif dan menyenangkan, serta mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Secara keseluruhan, pengalaman Dra. Lailatul Badriyah menunjukkan bahwa meskipun ada tantangan seperti keterbatasan pengetahuan dasar dan rasa percaya diri siswa, strategi pembelajaran berbasis deep learning sangat bermanfaat. Dengan bimbingan yang tepat, guru dapat lebih mudah mempraktikkan pembelajaran mendalam di kelas, meningkatkan kualitas proses belajar-mengajar, dan menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan, interaktif, dan bermakna bagi seluruh siswa.

Previous Article

Memahami Proses Pembelajaran Mendalam

Next Article

Memahami Konsep Pembelajaran Mendalam

Write a Comment

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Update Artikel Kami

Pure inspiration, zero spam ✨