Menghadapi Tantangan Fokus Siswa di MTs NU Salatiga melalui Deep Learning

Pendidikan di tingkat madrasah tsanawiyah menuntut guru untuk mampu menghadirkan pembelajaran yang menyenangkan, efektif, dan mendukung pemahaman siswa secara mendalam. Nurul Arofah, guru di MTs NU Salatiga, berbagi pengalamannya setelah mengikuti Diklat Nasional 40JP dengan tema “Strategi Efektif Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Deep Learning.”

Menurut Nurul, diklat ini memberikan wawasan penting mengenai strategi deep learning untuk menghadapi murid dengan fokus yang bervariasi. Deep learning menekankan keterlibatan aktif siswa, pemahaman materi secara menyeluruh, dan penghubungan konsep pelajaran dengan pengalaman nyata mereka. Dengan pendekatan ini, guru tidak hanya mengajarkan materi, tetapi juga mendorong siswa untuk berpikir kritis dan memahami materi secara mendalam.

Salah satu tantangan yang dihadapi Nurul adalah sulitnya materi dipahami oleh sebagian siswa dan kurangnya fokus dari beberapa murid. Kondisi ini menuntut guru untuk menyesuaikan strategi pengajaran agar semua siswa tetap dapat mengikuti proses belajar dengan baik. Deep learning membantu guru merancang aktivitas belajar yang menarik, relevan, dan mendukung keterlibatan aktif siswa, sehingga mereka termotivasi untuk memahami materi lebih mendalam.

Pengalaman mengikuti diklat ini membuat Nurul lebih percaya diri dalam menghadapi tantangan di kelas. Ia menyadari bahwa setiap siswa memiliki karakteristik belajar yang berbeda, sehingga guru perlu menyesuaikan metode dan pendekatan agar proses pembelajaran tetap efektif. Dengan strategi yang tepat, guru dapat meningkatkan konsentrasi siswa, menjaga motivasi mereka, dan membantu mereka memahami konsep secara menyeluruh.

Dengan penerapan strategi deep learning di MTs NU Salatiga, pembelajaran diharapkan menjadi lebih interaktif, menyenangkan, dan mendukung pengembangan kognitif serta keterampilan berpikir kritis siswa. Guru yang memahami prinsip ini mampu menciptakan kelas yang hidup, memaksimalkan potensi setiap siswa, dan menyiapkan mereka menghadapi tantangan akademik maupun kehidupan nyata dengan pemahaman yang lebih mendalam. Strategi ini tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa, tetapi juga membantu mereka mengembangkan fokus dan kemampuan belajar yang efektif.

Previous Article

Mengenal Karakteristik Siswa di SMK YPM 6 Bojonegoro melalui Deep Learning

Next Article

Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa di SMPN 1 Payung Sekaki melalui Deep Learning

Write a Comment

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Update Artikel Kami

Pure inspiration, zero spam ✨