Pendidikan di madrasah ibtidaiyah menuntut guru untuk terus mengembangkan metode pembelajaran yang efektif, menyenangkan, dan sesuai dengan kemampuan siswa. Eva Yunijayati, guru di MI Al-Fatah, berbagi pengalamannya setelah mengikuti Diklat Nasional 40JP dengan tema “Strategi Efektif Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Deep Learning.”
Menurut Eva, diklat ini memberikan wawasan penting mengenai bagaimana merancang pembelajaran yang lebih mendalam dan interaktif. Materi yang dibagikan juga menekankan pentingnya memahami kendala dalam mengajar dan bagaimana strategi deep learning dapat membantu guru menghadapi tantangan tersebut. Deep learning menekankan keterlibatan aktif siswa, pemahaman materi secara menyeluruh, dan penghubungan materi pelajaran dengan pengalaman nyata mereka.
Salah satu tantangan utama yang dihadapi guru adalah tingkat pemahaman siswa yang belum bisa fokus sepenuhnya ketika menerima pelajaran. Hal ini membuat guru perlu merancang strategi yang lebih kreatif agar siswa tetap tertarik dan dapat memahami materi dengan baik. Strategi deep learning membantu guru untuk menyusun aktivitas yang relevan, menarik, dan mendukung pengembangan keterampilan berpikir kritis siswa.
Eva menyadari bahwa penerapan strategi ini belum sepenuhnya dilakukan di kelasnya. Namun, pengalaman mengikuti diklat memberikan gambaran yang jelas tentang bagaimana meningkatkan efektivitas pembelajaran dan membuat siswa lebih termotivasi. Dengan pendekatan yang tepat, guru dapat membuat suasana belajar menjadi lebih hidup, interaktif, dan menyenangkan, sehingga siswa lebih mudah memahami konsep yang diajarkan.
Dengan penerapan strategi deep learning di MI Al-Fatah, pembelajaran diharapkan menjadi lebih bermakna dan interaktif. Guru yang mampu menerapkan prinsip ini dapat menciptakan kelas yang dinamis, memaksimalkan potensi setiap siswa, dan menyiapkan mereka menghadapi tantangan akademik maupun kehidupan nyata dengan pemahaman yang mendalam. Strategi ini tidak hanya meningkatkan fokus dan keterlibatan siswa, tetapi juga membantu guru mengatasi kendala pembelajaran dengan cara yang kreatif dan efektif.