Mengoptimalkan Pembelajaran di MI Plus As Sholihiin Wonorejo melalui Deep Learning

Pendidikan di madrasah ibtidaiyah menuntut guru untuk mampu menghadirkan pembelajaran yang menyenangkan, interaktif, dan mendukung pemahaman siswa secara mendalam. Mohammad Afif Muhtarom, guru di MI Plus As Sholihiin Wonorejo, berbagi pengalamannya setelah mengikuti Diklat Nasional 40JP dengan tema “Strategi Efektif Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Deep Learning.”

Menurut Afif, diklat ini menghadirkan materi yang cukup bagus dan memuaskan, memberikan wawasan baru tentang bagaimana merancang pembelajaran yang efektif. Deep learning menekankan keterlibatan aktif siswa, pemahaman materi secara mendalam, dan penghubungan konsep pembelajaran dengan pengalaman nyata. Dengan pendekatan ini, guru dapat menjadikan proses belajar lebih bermakna dan menyenangkan bagi peserta didik.

Salah satu hal yang menjadi tantangan adalah bagaimana menerapkan strategi ini pada peserta didik secara langsung. Tantangan ini dianggap sangat positif karena mendorong guru untuk merancang kegiatan yang menstimulasi kreativitas, berpikir kritis, dan keterlibatan aktif siswa. Dengan cara ini, setiap siswa tidak hanya menerima materi secara pasif, tetapi juga mampu mengaplikasikan pembelajaran dalam pengalaman nyata mereka.

Afif menekankan bahwa mengikuti diklat ini telah membawa banyak perubahan dalam cara pandangnya terhadap pembelajaran. Guru kini lebih memahami pentingnya strategi yang terarah, relevan, dan menyenangkan, sehingga proses belajar-mengajar menjadi lebih efektif dan memberikan hasil yang nyata bagi peserta didik. Deep learning memberikan kerangka bagi guru untuk mengembangkan metode pengajaran yang adaptif dan responsif terhadap kebutuhan siswa.

Dengan penerapan strategi deep learning di MI Plus As Sholihiin Wonorejo, pembelajaran diharapkan menjadi lebih interaktif, kreatif, dan mendukung perkembangan kognitif serta emosional siswa. Guru yang mampu menerapkan prinsip ini dapat menciptakan suasana kelas yang hidup, memaksimalkan potensi setiap siswa, dan menyiapkan mereka menghadapi tantangan akademik maupun kehidupan nyata dengan pemahaman yang lebih mendalam.

Previous Article

Membuat Pembelajaran Bermakna di SMK Negeri 1 Bukateja melalui Deep Learning

Next Article

Meningkatkan Fokus dan Pemahaman Siswa di MI Al-Fatah melalui Deep Learning

Write a Comment

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Update Artikel Kami

Pure inspiration, zero spam ✨