Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD Negeri 013 Sungai Pinang melalui Deep Learning dan Pendekatan Olahrasa

Pendidikan di sekolah dasar menuntut guru untuk kreatif dalam merancang pembelajaran agar siswa dapat belajar secara mendalam dan menyenangkan. Zubaidah, guru di SD Negeri 013 Sungai Pinang, berbagi pengalamannya setelah mengikuti Diklat Nasional 40JP dengan tema “Strategi Efektif Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Deep Learning.”

Menurut Zubaidah, diklat ini membekali guru dengan pemahaman tentang materi pembelajaran berbasis proyek yang menuntut siswa untuk aktif mencari informasi, berpikir kritis, dan memecahkan masalah. Salah satu pendekatan yang digunakan adalah olahrasa, yaitu metode yang mengintegrasikan gerakan dan aktivitas sensorik untuk membuat pembelajaran lebih hidup dan interaktif. Dengan cara ini, siswa lebih tertarik dan termotivasi untuk memahami materi secara mendalam.

Tantangan utama yang dihadapi guru adalah menghadapi siswa dengan karakter dan latar belakang yang beragam. Variasi minat, kemampuan, dan cara belajar siswa membuat guru harus kreatif dalam merancang strategi pembelajaran. Melalui pendekatan deep learning, guru dapat menciptakan aktivitas yang sesuai dengan kebutuhan siswa, membantu mereka menemukan solusi sendiri, dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis.

Zubaidah menekankan bahwa pengalaman mengikuti diklat membuatnya mengetahui cara membuat pembelajaran lebih menarik. Guru kini dapat merancang kegiatan yang mendorong siswa untuk menggali informasi, bekerja sama, dan menerapkan konsep yang dipelajari dalam konteks nyata. Strategi ini membantu siswa memahami materi secara lebih mendalam sekaligus meningkatkan kemampuan problem solving.

Pendekatan berbasis proyek dan olahrasa ini juga mempermudah guru dalam menyesuaikan pembelajaran dengan karakter siswa. Aktivitas yang menyenangkan dan menantang membantu siswa tetap fokus, berpartisipasi aktif, dan mengembangkan rasa percaya diri. Dengan demikian, pengalaman belajar menjadi lebih bermakna dan memotivasi siswa untuk terus belajar secara mandiri.

Dengan penerapan strategi deep learning yang kreatif, pembelajaran di SD Negeri 013 Sungai Pinang menjadi lebih interaktif, menyenangkan, dan relevan. Guru yang mampu memanfaatkan pendekatan inovatif ini dapat menciptakan kelas yang dinamis, membantu siswa memahami konsep secara mendalam, serta menyiapkan mereka untuk menghadapi tantangan akademik maupun kehidupan sehari-hari.

Previous Article

"Strategi Pembelajaran Interaktif Berbasis Deep Learning: Testimoni Guru Surabaya"

Next Article

Meningkatkan Keterlibatan Siswa MI Pudji Hardjo Prambon melalui Pembelajaran Berbasis Pengalaman Langsung

Write a Comment

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Update Artikel Kami

Pure inspiration, zero spam ✨