Mengikuti Diklat Nasional 40JP bertema “Strategi Efektif Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Deep Learning” menjadi pengalaman berharga bagi Masda Melinda Hutasoit, D.Pd., guru SMP Satu Atap Negeri 2 Onanrunggu. Ia menyampaikan bahwa dirinya sudah mencoba menerapkan metode pembelajaran mendalam di kelas, meskipun masih dalam tahap awal. Dari pelatihan ini, ia merasa semakin memahami apa itu deep learning dan bagaimana penerapannya dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.
Masda menilai bahwa pembelajaran mendalam sangat penting karena memberikan ruang bagi siswa untuk lebih aktif, kritis, dan terlibat dalam proses belajar. Tidak hanya berfokus pada hasil, deep learning menekankan bagaimana siswa memahami konsep, menganalisis informasi, serta menghubungkannya dengan pengalaman sehari-hari. Bagi seorang guru, hal ini menjadi tantangan sekaligus peluang untuk menciptakan suasana kelas yang lebih bermakna.
Salah satu hal yang ia soroti adalah pentingnya guru menguasai metode pembelajaran mendalam. Menurutnya, tanpa pemahaman yang cukup, guru akan kesulitan untuk membimbing siswa agar mampu belajar secara lebih kritis dan kreatif. Oleh karena itu, ia merasa bahwa diklat ini sangat membantu dalam memberikan gambaran jelas tentang strategi, teknik, dan langkah-langkah praktis dalam penerapan deep learning.
Meski masih dalam tahap mencoba, Masda merasakan bahwa pemahamannya tentang deep learning semakin berkembang. Ia mulai memahami bahwa pembelajaran tidak cukup sekadar penyampaian materi, melainkan juga bagaimana menumbuhkan kesadaran siswa untuk belajar. Dengan metode yang tepat, siswa akan lebih mudah termotivasi, terlibat aktif, dan mampu memahami materi secara lebih mendalam.
Melalui testimoni ini, Masda Melinda Hutasoit menegaskan bahwa diklat nasional memberikan manfaat nyata bagi guru. Selain menambah ilmu baru, juga membekali pendidik dengan keterampilan untuk mengembangkan pembelajaran yang menyenangkan dan mendalam. Ia optimis bahwa dengan terus berlatih dan berinovasi, ia akan semakin mahir dalam menguasai metode pembelajaran mendalam, sehingga kelas menjadi lebih hidup, interaktif, dan relevan dengan kebutuhan siswa di era modern.