Sebagai seorang pendidik, saya selalu berupaya untuk memberikan yang terbaik bagi siswa-siswa saya. Ketika saya mengikuti Diklat Nasional 40JP dengan tema “Strategi Efektif Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Deep Learning”, saya merasa bahwa saya telah menemukan semacam pencerahan dalam dunia pendidikan.
Pembelajaran mendalam atau deep learning bukanlah sekadar metode yang mengharuskan siswa untuk hafal dan memahami konsep. Lebih dari itu, tantangan utama kita sebagai guru adalah bagaimana mengajak siswa untuk berpikir kritis dan mampu menerapkan pengetahuan yang mereka miliki dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Melalui diklat ini, saya mendapatkan banyak strategi dan teknik yang dapat digunakan untuk merancang pembelajaran yang tidak hanya menyenangkan tetapi juga bermakna bagi siswa.
Salah satu hal yang paling menarik bagi saya adalah penerapan teknik kolaboratif dalam pembelajaran. Dengan mendorong siswa untuk bekerja dalam kelompok, mereka tidak hanya belajar dari saya, tetapi juga dari rekan-rekan mereka. Hal ini sangat penting dalam membangun pola pikir kritis dan kemampuan memecahkan masalah. Dalam kelas, saya mencoba menerapkan kegiatan berbasis proyek yang memungkinkan siswa untuk terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Misalnya, dengan memecahkan masalah nyata di lingkungan sekitar mereka, siswa dapat merasakan relevansi pengetahuan yang mereka pelajari.
Selama proses pembelajaran, saya juga menyadari bahwa saya sendiri masih dalam tahap belajar. Saya terus mencari tahu lebih jauh tentang deep learning, metode-metode inovatif, dan cara-cara baru untuk membuat kelas saya lebih interaktif. Setiap sesi dalam diklat memberikan wawasan baru tentang bagaimana cara memfasilitasi siswa agar lebih aktif berpartisipasi dalam pembelajaran.
Saya sangat berterima kasih kepada penyelenggara diklat yang telah memberikan kesempatan berharga ini. Saya yakin, pengalaman dan pengetahuan yang saya peroleh akan sangat bermanfaat dalam menciptakan suasana belajar yang lebih hidup dan dinamis di kelas. Dengan semangat untuk terus belajar dan beradaptasi, saya berharap dapat membawa perubahan positif bagi siswa-siswa saya di SMPN 1 Klambu. Pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna adalah harapan kita bersama, dan saya berkomitmen untuk mewujudkannya.