Saya, Rini Susilawati, S.Ag, seorang guru di SMP Negeri 6 Samarinda, merasa sangat beruntung dapat mengikuti Diklat Nasional 40JP dengan tema “Strategi Efektif Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Deep Learning”. Pelatihan ini memberikan banyak wawasan baru yang sangat relevan dengan tantangan yang dihadapi dalam proses pembelajaran di era modern ini.
Salah satu fokus utama dari diklat ini adalah bagaimana mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan nyata. Sebagai guru, saya sering kali menghadapi kesulitan dalam membuat siswa memahami konsep-konsep abstrak dalam pelajaran. Namun, melalui pelatihan ini, saya belajar bahwa mengaitkan materi ajar dengan konteks kehidupan sehari-hari siswa tidak hanya membuat pembelajaran menjadi lebih menarik, tetapi juga membantu siswa untuk lebih mudah dalam memahami dan mengingat materi tersebut.
Prinsip utama dalam pembelajaran mendalam yang diajarkan selama diklat ini juga sangat membuka mata. Pembelajaran mendalam mendorong siswa untuk aktif terlibat, berpikir kritis, dan berkolaborasi. Saya belajar berbagai strategi untuk merancang pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. Misalnya, penggunaan project-based learning dan inquiry-based learning telah terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa. Saya merasa lebih percaya diri untuk merancang kegiatan pembelajaran yang tidak hanya informatif tetapi juga menarik.
Namun, selama mengikuti diklat ini, saya juga menyadari tantangan yang harus dihadapi, terutama terkait suasana kelas yang tidak selalu kondusif. Terkadang, suasana kelas yang ramai dan tidak teratur dapat mengganggu proses pembelajaran. Melalui diskusi dan sharing dengan rekan-rekan guru lainnya, kami saling bertukar pengalaman dan strategi untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih mendukung. Saya belajar bahwa penting bagi seorang guru untuk menjadi fasilitator yang mampu menciptakan suasana kelas yang positif dan mendukung.
Akhirnya, saya merasa sangat bersyukur bisa mengikuti diklat ini. Saya mulai memahami pentingnya menerapkan strategi pembelajaran yang efektif agar siswa tidak hanya belajar dengan cara yang menyenangkan tetapi juga benar-benar memahami dan mampu menerapkan ilmu yang mereka dapatkan. Dengan bekal ilmu dan pengalaman dari diklat ini, saya bertekad untuk terus berinovasi dalam mengajar dan memberikan yang terbaik bagi siswa-siswa saya di SMP Negeri 6 Samarinda.