Menciptakan Pembelajaran yang Menyenangkan: Pelajaran Berharga dari Diklat Nasional 40JP tentang Deep Learning

Pada kesempatan yang berharga ini, saya ingin berbagi pengalaman saya mengikuti Diklat Nasional 40JP berjudul “Strategi Efektif Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Deep Learning”. Peserta yang hadir, termasuk saya, sangat antusias untuk menggali lebih dalam tentang bagaimana cara mendesain pembelajaran yang tidak hanya informatif tetapi juga menyenangkan bagi siswa.

Sebagai guru di MI Al Huda, saya selalu berusaha untuk menciptakan lingkungan belajar yang positif. Namun, melalui pelatihan ini, saya mendapatkan banyak wawasan baru tentang konsep mindful learning dan joyful learning. Dua konsep ini menjadi kunci dalam merancang pembelajaran yang dapat menarik perhatian anak-anak dan membuat mereka lebih aktif berpartisipasi dalam proses belajar.

Salah satu pembicara yang menginspirasi, Bu Supiah, menjelaskan berbagai alternatif pembelajaran yang dapat diterapkan tanpa bergantung pada teknologi canggih. Hal ini sangat relevan, terutama di era di mana banyak sekolah mengalami keterbatasan akses terhadap perangkat teknologi. Bu Supiah menekankan pentingnya menanamkan kesadaran akan kepentingan materi yang akan dipelajari siswa. Dengan pendekatan ini, siswa tidak hanya belajar untuk memenuhi tuntutan kurikulum, tetapi juga memahami bagaimana materi tersebut dapat berguna dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Dalam pelatihan ini, kami diajarkan berbagai strategi yang memungkinkan siswa untuk belajar dengan senang hati. Misalnya, dalam kegiatan kelompok, siswa diajak untuk berkolaborasi melalui permainan edukatif yang mendorong mereka untuk berinteraksi dan saling belajar. Metode ini menghasilkan suasana kelas yang dinamis, di mana anak-anak merasa nyaman untuk mengeksplorasi dan bertanya.

Saya merasakan perubahan signifikan setelah menerapkan beberapa teknik yang diajarkan selama diklat. Anak-anak di kelas saya kini lebih happy dan enjoy saat belajar. Mereka tidak lagi merasa tertekan dengan materi yang disampaikan. Penolakan terhadap pembelajaran berkurang drastis, karena semua yang mereka pelajari sudah berlandaskan pada keingintahuan dan kebutuhan mereka.

Dengan pengalaman ini, saya semakin yakin bahwa pembelajaran yang efektif haruslah menyenangkan dan relevan. Terima kasih kepada panitia dan semua pengajar yang telah menyelenggarakan Diklat Nasional ini. Saya berharap dapat terus mengembangkan kemampuan saya dalam menciptakan pengalaman belajar yang lebih baik untuk siswa-siswa saya ke depan.

Previous Article

Membangun Suasana Belajar yang Menyenangkan: Pengalaman Berharga dari Diklat Nasional 40JP tentang Deep Learning dalam Pembelajaran

Next Article

Meningkatkan Kualitas Pembelajaran: Testimoni Kartini, S.Pd.I dari Diklat Nasional 40JP tentang Strategi Deep Learning yang Menyenangkan

Write a Comment

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Update Artikel Kami

Pure inspiration, zero spam ✨