Saya, Sari Adam Nur Hawa’ayis, S.PD, dari MTs Al Falah Jangkar Situbondo, merasa sangat beruntung dapat mengikuti diklat nasional dengan tema “Strategi Efektif Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Deep Learning.” Diklat ini tidak hanya memberikan wawasan baru, tetapi juga memotivasi dan menginspirasi saya sebagai seorang guru untuk terus berinovasi dalam proses belajar mengajar.
Salah satu hal yang membuat diklat ini menarik adalah pendekatan yang digunakan dalam merancang pembelajaran. Deep learning, yang menjadi fokus utama, membuka mata saya mengenai betapa pentingnya memperdalam pemahaman siswa bukan hanya melalui penghafalan, tetapi juga melalui pengalaman belajar yang menyenangkan dan kontekstual. Dalam sesi-sesi diskusi, kami diajak untuk merenungkan bagaimana cara menghadirkan situasi belajar yang lebih menarik dan relevan bagi anak-anak.
Dalam praktiknya, saya telah mencoba mengintegrasikan metode yang diperoleh dari diklat ini ke dalam kelas. Salah satunya adalah dengan menciptakan situasi pembelajaran yang melibatkan berbagai media dan alat peraga yang mendukung. Misalnya, saat mengajarkan materi tentang ekosistem, saya mengajak siswa untuk melakukan studi lapangan di lingkungan sekitar sekolah. Dengan cara ini, siswa tidak hanya belajar secara teori tetapi juga dapat melihat dan merasakan langsung bagaimana ekosistem berfungsi.
Menerapkan strategi pembelajaran yang menyenangkan berbasis deep learning ternyata tidak selalu mudah. Terdapat tantangan dalam mengelola situasi dan minat siswa yang beragam. Namun, dukungan dari rekan-rekan di sekitar dan metode yang telah dipelajari selama diklat memberikan energi dan keyakinan bagi saya untuk terus mencoba. Setiap keberhasilan kecil dalam kelas, seperti melihat siswa yang bersemangat bertanya atau terlibat aktif dalam diskusi, adalah bukti bahwa pendekatan ini mulai memberikan hasil.
Saya juga berusaha untuk menciptakan suasana yang ramah dan terbuka di kelas, di mana siswa merasa nyaman untuk berpendapat dan berinteraksi. Hal ini penting agar mereka tidak hanya belajar dari saya, tetapi juga dari teman-teman sekelas mereka. Dengan demikian, pembelajaran menjadi lebih kolaboratif dan menyenangkan.
Secara keseluruhan, pengalaman mengikuti diklat ini sangat berharga. Saya berterima kasih kepada penyelenggara dan para narasumber yang telah membagikan ilmu dan pengalaman mereka. Kini, saya semakin percaya diri untuk membawa perubahan positif dalam pembelajaran di kelas dan berharap dapat terus mengembangkan metode yang lebih inovatif untuk siswa-siswa saya di MTs Al Falah Jangkar Situbondo.