Testimoni Peserta Diklat Nasional 40JP: Menciptakan Pembelajaran yang Menyenangkan dengan Deep Learning
Saya, Sitiana Fahrunnisa, S.Sos, dengan penuh semangat ingin berbagi pengalaman saya mengikuti Diklat Nasional 40JP dengan tema “Strategi Efektif Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Deep Learning”. Meskipun saat ini saya belum memiliki kesempatan untuk sepenuhnya menerapkan materi atau strategi yang dipelajari dalam proses pembelajaran, saya merasa sangat terinspirasi dan bertekad untuk mengintegrasikan pengetahuan dan strategi yang saya peroleh ke dalam praktik di masa depan.
Salah satu momen yang paling berkesan selama diklat ini adalah ketika kami membahas integrasi pembelajaran mendalam dalam kurikulum mendatang, khususnya untuk tahun ajaran 2025/2026. Materi yang disampaikan sangat relevan dengan kebutuhan saat ini, terutama metode pembelajaran yang menekankan aspek mindful, meaningful, dan joyful. Saya menyadari betapa pentingnya aspek-aspek tersebut dalam menciptakan suasana belajar yang tidak hanya efektif, tetapi juga menyenangkan bagi siswa.
Dalam era digital seperti sekarang, integrasi teknologi dalam pembelajaran juga menjadi salah satu fokus utama. Saya sangat terbantu dengan berbagai strategi teknologi digital yang diajarkan selama diklat, yang dapat digunakan untuk meningkatkan interaksi dan keterlibatan siswa dalam proses belajar. Selain itu, pengembangan karakter pelajar juga menjadi bagian penting yang tidak bisa diabaikan. Kesadaran akan pentingnya aspek moral dan etika dalam pendidikan membuat saya lebih berkomitmen untuk menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kelas.
Namun, saya juga menyadari bahwa ada tantangan yang harus dihadapi saat menerapkan materi diklat ini di kelas. Beberapa tantangan tersebut termasuk keterbatasan sumber daya, baik itu dari segi teknologi maupun waktu yang tersedia untuk mengimplementasikan strategi-strategi baru. Selain itu, perbedaan karakteristik siswa juga menjadi tantangan tersendiri dalam menciptakan pembelajaran yang inklusif dan efektif.
Meskipun demikian, saya merasa sangat beruntung telah mengikuti diklat ini. Peningkatan pengetahuan dan pemahaman yang saya peroleh tentang strategi pembelajaran yang efektif sangat berharga. Saya berencana untuk mengimplementasikan pengetahuan tersebut dalam proses pembelajaran di kelas, sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa.
Dengan semangat dan tekad yang baru, saya sangat menantikan untuk menjalani perjalanan ini dan melihat dampak positif terhadap siswa-siswa saya. Semoga pengalaman ini menjadi langkah awal untuk menciptakan pembelajaran yang lebih menyenangkan dan bermakna di masa depan.