Sebagai seorang pendidik di SD Negeri Kebonagung 01, saya selalu berusaha untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan efektif bagi siswa. Ketika kesempatan untuk mengikuti Diklat Nasional 40JP dengan tema “Strategi Efektif Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Deep Learning” muncul, saya merasa ini adalah peluang emas untuk mendalami konsep yang dapat membantu saya dalam mengajar.
Diklat ini memberikan pemahaman mendalam tentang dasar-dasar deep learning dan aplikasinya dalam proses pembelajaran. Salah satu fokus utama yang dibahas adalah pentingnya memahami latar belakang peserta didik. Dalam pengalaman saya, setiap siswa memiliki karakteristik dan kebutuhan yang berbeda. Dengan menerapkan prinsip-prinsip deep learning, saya diajarkan untuk mengenali dan mengakomodasi perbedaan ini, sehingga strategi pengajaran yang saya gunakan bisa lebih relevan dan menarik bagi mereka.
Melalui berbagai sesi interaktif dan praktik langsung, saya belajar bagaimana merancang pembelajaran yang tidak hanya berfokus pada pencapaian akademis, tetapi juga memperhatikan aspek emosional dan sosial siswa. Konsep deep learning menekankan pentingnya keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar, yang tentunya akan membuat pengalaman belajar mereka lebih berkesan. Saya jadi lebih peka terhadap cara siswa berinteraksi dengan materi ajar dan dengan teman-teman mereka.
Pengalaman selama diklat ini sangat menginspirasi. Saya mendapatkan banyak ide kreatif dan inovatif yang siap diterapkan di kelas. Misalnya, penggunaan teknologi dalam pembelajaran yang menciptakan lingkungan belajar yang interaktif dan menyenangkan. Dengan menggunakan metode yang mendukung deep learning, saya dapat membantu siswa untuk memahami konsep secara lebih dalam, bukan sekadar menghafal informasi.
Saya juga menyadari bahwa pembelajaran yang menyenangkan tidak harus mengorbankan kedalaman materi. Justru, dengan mengaitkan materi pembelajaran dengan minat dan kehidupan sehari-hari siswa, mereka akan lebih mudah memahami dan mengingat pelajaran.
Sebagai penutup, saya sangat berterima kasih atas kesempatan mengikuti Diklat Nasional ini. Saya merasa lebih percaya diri dan siap untuk menerapkan strategi-strategi yang telah dipelajari. Harapan saya, dengan memanfaatkan pendekatan deep learning ini, saya dapat membantu siswa-siswa saya untuk tidak hanya belajar, tetapi juga mencintai proses belajar itu sendiri.