Moh. Asjab, S.Pd., guru di MAS At-Taufiqiyah Aengbaja Raja Bluto Sumenep, telah mempraktikkan sebagian konsep pembelajaran mendalam sebelum mengikuti Diklat Nasional 40JP bertema “Strategi Efektif Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Deep Learning”. Materi yang paling menarik baginya adalah tentang teks laporan hasil observasi, yang sangat relevan dalam melatih keterampilan analisis dan berpikir kritis siswa.
Dalam penerapan metode ini, tantangan utama yang dihadapi adalah keterbatasan media pembelajaran. Namun, Asjab tidak menyerah. Dengan kreativitas, ia tetap berupaya memanfaatkan sarana yang ada agar proses pembelajaran tetap berjalan optimal.
Hasilnya sangat positif. Ia mengungkapkan bahwa siswa semakin termotivasi untuk melakukan eksplorasi. Mereka tidak hanya menerima informasi secara pasif, tetapi juga aktif mencari data, mengamati, dan menyajikan laporan secara lebih mendalam.
Melalui diklat ini, Moh. Asjab semakin yakin bahwa pembelajaran berbasis deep learning mampu mengembangkan potensi siswa secara maksimal, sekaligus menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan bermakna.
“Dengan pembelajaran mendalam, saya melihat siswa lebih kreatif, aktif, dan berani mengeksplorasi. Ini adalah langkah maju untuk pendidikan yang lebih baik,” ujarnya.