Meningkatkan Kualitas Pembelajaran: Pengalaman Berharga dari Diklat Nasional 40JP tentang Deep Learning

Nama saya Dwi Erniasih, S.Pd, dan saya mengajar di SMP Negeri 4 Demak. Baru-baru ini, saya berkesempatan mengikuti Diklat Nasional 40JP yang bertemakan “Strategi Efektif Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Deep Learning”. Pelatihan ini memberikan banyak wawasan baru bagi saya, terutama dalam menghadapi tantangan pembelajaran di kelas dengan karakter siswa yang heterogen.

Salah satu poin penting yang saya ambil dari diklat ini adalah pentingnya memahami karakteristik siswa. Di SMP Negeri 4 Demak, saya mengajar di kelas yang terdiri dari berbagai latar belakang dan kemampuan belajar. Dengan menerapkan konsep deep learning, saya diberikan strategi untuk merancang pembelajaran yang tidak hanya menarik, tetapi juga dapat memenuhi kebutuhan semua siswa.

Metode pembelajaran yang menyenangkan menjadi salah satu fokus utama dalam diklat ini. Saya belajar bagaimana cara menggunakan teknologi dan media belajar yang interaktif untuk meningkatkan motivasi siswa. Misalnya, penggunaan aplikasi edukatif dan permainan yang berkaitan dengan materi pelajaran. Strategi ini diharapkan dapat mengaktifkan minat siswa yang berbeda-beda, sehingga mereka lebih terlibat dalam proses belajar.

Selain itu, pelatihan ini juga membekali saya dengan berbagai teknik untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif. Saya memahami bahwa dengan pendekatan deep learning, siswa tidak hanya belajar untuk mengingat, tetapi juga memahami dan menerapkan pengetahuan mereka dalam konteks yang lebih luas. Ini adalah hal yang sangat penting, terutama ketika berhadapan dengan siswa yang memiliki cara belajar yang berbeda.

Meski saya belum sepenuhnya menerapkan semua strategi yang saya pelajari, saya merasakan semangat baru untuk mulai mencoba menerapkannya di kelas. Saya sangat berterima kasih kepada penyelenggara diklat yang telah memberikan kesempatan bagi kami untuk belajar dari para ahli di bidang pendidikan. Dengan bekal pengetahuan dan keterampilan yang saya dapatkan, saya yakin dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih baik bagi siswa-siswa saya.

Ke depannya, saya berencana untuk menggali lebih dalam mengenai penerapan deep learning dalam pembelajaran dan terus mencari cara agar pembelajaran di kelas menjadi lebih menarik dan efektif. Saya percaya bahwa dengan pendekatan yang tepat, kita dapat membantu semua siswa, tanpa terkecuali, untuk mencapai potensi terbaik mereka.

Previous Article

Mengubah Pembelajaran dengan Deep Learning: Testimoni Tri Puspitasari dari Diklat Nasional 40JP

Next Article

Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Pelatihan: Pengalaman Berharga di Diklat Nasional 40JP

Write a Comment

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Update Artikel Kami

Pure inspiration, zero spam ✨