Pembelajaran Mendalam dan Tantangan Siswa yang Kurang Serius Belajar di SMP N 1 Pangkalan Kuras

Noviendsy Daswati, S.Pd., SMP N 1 Pangkalan Kuras, berbagi pengalaman tentang tantangan siswa yang tidak serius dalam belajar dan bagaimana pembelajaran mendalam membantu mengatasi hal tersebut. Di kelas saya, saya sering menemukan siswa yang lebih fokus pada nilai ujian daripada memahami materi secara mendalam. Saya merasa bahwa untuk meningkatkan keseriusan mereka dalam belajar, saya perlu merancang pendekatan yang dapat mengajak mereka lebih terlibat.

Dengan menerapkan pembelajaran mendalam, saya mulai memberikan proyek-proyek yang lebih relevan dengan kehidupan mereka. Misalnya, siswa melakukan penelitian tentang isu-isu sosial yang mereka hadapi di sekitar lingkungan mereka. Pendekatan ini membantu mereka untuk tidak hanya memahami teori, tetapi juga menerapkan apa yang mereka pelajari dalam kehidupan nyata.

Hasilnya sangat menggembirakan. Saya mulai melihat siswa-siswa saya lebih serius dalam belajar, mereka berpartisipasi aktif dalam diskusi, dan menunjukkan rasa ingin tahu yang tinggi. Pembelajaran mendalam tidak hanya membuat mereka lebih memahami materi, tetapi juga memotivasi mereka untuk belajar lebih giat. Saya percaya bahwa dengan pendekatan ini, setiap siswa memiliki potensi untuk berkembang dan mencapai keberhasilan yang lebih besar.

Author: Yasmin Sindoro Salsabila

Previous Article

Menciptakan Pembelajaran Menyenangkan: Testimoni dari Diklat Nasional 40JP tentang Strategi Deep Learning

Next Article

Merancang Pembelajaran Menyenangkan dan Menarik di SMP Negeri 4 Tebing Tinggi

Write a Comment

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Update Artikel Kami

Pure inspiration, zero spam ✨