Anna Simbolon, S.Pd., SMP Negeri 4 Tebing Tinggi, berbagi pengalaman tentang bagaimana merancang strategi pembelajaran yang menyenangkan dapat meningkatkan minat siswa. Sebagai seorang pendidik, saya sering kali menghadapi tantangan besar untuk membuat siswa tertarik pada materi pelajaran yang mungkin terasa membosankan bagi mereka. Untuk mengatasi hal ini, saya memutuskan untuk merancang pembelajaran yang tidak hanya informatif, tetapi juga menyenangkan.
Awalnya, saya melakukan survei untuk menggali minat siswa. Dari sana, saya mengetahui bahwa banyak dari mereka tertarik pada teknologi dan seni. Saya mulai mengintegrasikan aplikasi pembelajaran yang menarik, seperti kuis online, permainan edukatif, dan proyek multimedia, yang memungkinkan siswa belajar sambil bermain. Hal ini membuat mereka merasa lebih terlibat, dan suasana kelas menjadi lebih hidup.
Saya juga memberi kesempatan kepada siswa untuk memilih bagaimana mereka ingin menyampaikan materi yang telah mereka pelajari, baik melalui video, poster, atau presentasi. Dengan memberikan kebebasan seperti ini, mereka merasa lebih dihargai, dan kreativitas mereka muncul. Perlahan-lahan, saya melihat peningkatan minat dan partisipasi siswa. Pembelajaran yang menyenangkan tidak hanya membuat siswa lebih tertarik, tetapi juga membantu mereka mengingat materi dengan lebih baik.
Author: Yasmin Sindoro Salsabila