Mengatasi Kurangnya Konsentrasi Siswa dengan Pembelajaran Mendalam di RA Darul Istiqomah 2

Nurhasanah, S.Pd., RA Darul Istiqomah 2, berbagi tentang penerapan pembelajaran mendalam untuk mengatasi masalah kurangnya konsentrasi siswa. Di era pendidikan yang serba cepat ini, saya sering menghadapi tantangan dalam mempertahankan fokus siswa selama pembelajaran. Untuk itu, saya mulai mengintegrasikan pembelajaran mendalam yang melibatkan siswa secara aktif dalam proses belajar.

Saya mulai mendorong siswa untuk berdiskusi, bertanya, dan melakukan penelitian kecil mengenai topik yang sedang dipelajari. Ini memberikan mereka kebebasan untuk mengeksplorasi materi dan mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari mereka. Aktivitas seperti mengamati lingkungan sekitar untuk belajar tentang ekosistem memberikan kesempatan bagi mereka untuk tidak hanya belajar tetapi juga berfikir kritis dan kreatif.

Pendekatan ini memberikan dampak positif pada konsentrasi mereka. Siswa yang sebelumnya mudah teralihkan kini lebih fokus dan lebih terlibat dalam setiap pelajaran. Saya juga belajar untuk menyesuaikan metode pembelajaran dengan gaya belajar siswa, seperti menggunakan media visual atau aktivitas fisik untuk membantu mereka memahami materi dengan lebih baik. Pembelajaran mendalam ini tidak hanya membuat mereka lebih fokus, tetapi juga lebih menikmati proses belajarnya.

Author: Yasmin Sindoro Salsabila

Previous Article

Meningkatkan Mutu Pembelajaran Melalui Pembelajaran Mendalam di SD Inpres 3 Ngofakiaha

Next Article

Menggali Potensi Pembelajaran: Testimoni Salnah, S.Pd.SD tentang Diklat Nasional 40JP "Strategi Efektif Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Deep Learning"

Write a Comment

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Update Artikel Kami

Pure inspiration, zero spam ✨