Saya, Asep Abdul Aziz, S.Pd., seorang guru, merasa sangat diberkati mengikuti Diklat Nasional 40JP dengan tema “Strategi Efektif Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Deep Learning.” Salah satu hal yang paling saya nikmati adalah melihat bagaimana pembelajaran mendalam dapat membuat siswa menjadi lebih aktif bertanya dan terlibat dalam proses belajar. Pembelajaran yang lebih interaktif ini mendorong siswa untuk tidak hanya menerima informasi, tetapi juga berpikir kritis dan mengajukan pertanyaan yang menggali lebih dalam topik yang sedang dipelajari.
Namun, meskipun ada peningkatan dalam keaktifan siswa, saya masih menghadapi tantangan dengan beberapa anak yang sulit diarahkan. Terkadang, meskipun menggunakan pendekatan yang lebih menarik dan menyeluruh, masih ada siswa yang kesulitan untuk fokus dan berpartisipasi secara maksimal dalam kegiatan pembelajaran.
Meskipun demikian, saya merasa bahwa dengan penerapan deep learning, ada perubahan positif, terutama dalam hal konsentrasi siswa. Siswa yang sebelumnya cenderung pasif kini terlihat lebih berkonsentrasi dan terlibat dalam diskusi serta aktivitas kelas. Mereka mulai menyadari pentingnya proses belajar yang lebih mendalam, bukan hanya sebagai kewajiban, tetapi sebagai pengalaman yang menyenangkan dan bermakna.
Saya sangat berterima kasih atas kesempatan mengikuti diklat ini, karena tidak hanya memberi saya wawasan baru, tetapi juga memberikan saya motivasi untuk terus berinovasi dalam cara mengajar. Saya berharap dengan pendekatan pembelajaran mendalam, saya dapat terus membantu siswa berkembang dengan cara yang lebih aktif dan menyenangkan.