Saya, Citra Adila Fitriana Sari, S.Pd., seorang guru, merasa sangat beruntung mengikuti Diklat Nasional 40JP dengan tema “Strategi Efektif Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Deep Learning.” Salah satu topik yang sangat menarik bagi saya adalah tentang bagaimana mengintegrasikan pembelajaran mendalam di dalam kelas. Materi ini memberikan banyak wawasan baru tentang bagaimana merancang pembelajaran yang lebih terfokus pada pemahaman siswa dan memungkinkan mereka untuk lebih aktif terlibat dalam proses belajar.
Namun, saya menyadari bahwa tidak semua peserta didik dapat langsung menerima dan beradaptasi dengan pembelajaran mendalam. Setiap siswa memiliki latar belakang, gaya belajar, dan kecepatan belajar yang berbeda. Hal ini bisa menjadi tantangan besar, karena meskipun pembelajaran mendalam memiliki banyak manfaat, tidak semua siswa dapat mengikuti proses tersebut dengan mudah pada awalnya.
Meskipun tantangan ini ada, saya merasa bahwa dengan pembelajaran yang lebih terpusat pada peserta didik, saya dapat lebih mudah menyesuaikan pendekatan dengan kebutuhan mereka. Deep learning memungkinkan saya untuk memberi lebih banyak ruang bagi siswa untuk berpikir kritis, berdiskusi, dan menggali pengetahuan mereka sendiri, yang pada gilirannya membuat mereka lebih terlibat dan merasa lebih bertanggung jawab atas pembelajaran mereka.
Saya merasa semakin termotivasi untuk menerapkan konsep-konsep pembelajaran mendalam yang saya pelajari di diklat ini. Meskipun ada tantangan dalam hal penerimaan siswa, saya percaya bahwa dengan pendekatan yang lebih fleksibel dan berpusat pada siswa, saya dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan dan efektif. Saya berterima kasih atas kesempatan mengikuti diklat ini, karena memberikan saya wawasan baru yang sangat berguna untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.