Saya, Widhiyatno Teguh Setyawan, S.Pd.SD, seorang guru, merasa sangat beruntung mengikuti Diklat Nasional 40JP dengan tema “Strategi Efektif Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Deep Learning.” Salah satu hal yang saya pelajari dalam diklat ini adalah bagaimana deep learning dapat meningkatkan motivasi siswa dalam proses belajar mereka.
Sebagai seorang guru, saya menyadari bahwa setiap peserta didik memiliki latar belakang, kecepatan belajar, dan pengalaman yang berbeda. Tidak jarang, beberapa siswa mungkin merasa kesulitan memahami materi tertentu karena keterbatasan pengalaman atau kemampuan di bidang tersebut. Hal ini menjadi tantangan bagi saya untuk dapat memberikan bimbingan dan dukungan yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
Namun, melalui deep learning, saya belajar untuk merancang pembelajaran yang lebih mendalam dan menarik. Deep learning tidak hanya mengajarkan konsep secara teoretis, tetapi juga melibatkan siswa dalam proses eksplorasi, diskusi, dan aplikasi pengetahuan dalam kehidupan nyata. Dengan cara ini, siswa lebih merasa terhubung dengan materi dan lebih termotivasi untuk belajar. Mereka tidak hanya fokus pada hafalan, tetapi juga pada pemahaman dan pengembangan keterampilan berpikir kritis mereka.
Walaupun ada tantangan dalam menerapkan metode ini, saya merasa lebih percaya diri dalam menghadapinya. Saya belajar bahwa dengan memberikan dukungan yang tepat, memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengeksplorasi dan berdiskusi, serta menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, saya bisa meningkatkan motivasi siswa. Mereka akan lebih tertarik untuk berpartisipasi aktif dan lebih bersemangat dalam belajar.
Diklat ini memberi saya banyak pengetahuan baru yang sangat berguna dalam merancang pembelajaran yang lebih efektif. Saya sekarang lebih memahami bagaimana memanfaatkan deep learning untuk membuat pembelajaran lebih bermakna, menyenangkan, dan menantang bagi siswa. Saya berterima kasih atas kesempatan ini dan merasa lebih siap untuk terus memberikan dukungan maksimal bagi siswa-siswa saya, sehingga mereka tetap termotivasi dan terus berkembang.