Meningkatkan Antusiasme Belajar Siswa dengan Deep Learning: Testimoni Pengalaman dari Diklat Nasional 40JP

Sebagai seorang guru, saya selalu mencari cara untuk membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan efektif. Oleh karena itu, saya merasa sangat beruntung dapat mengikuti Diklat Nasional 40JP bertema “Strategi Efektif Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Deep Learning,” yang disampaikan oleh Mercy Putuhena, S.Pi. Materi yang disajikan tentang prinsip-prinsip pembelajaran mendalam benar-benar membuka wawasan saya tentang bagaimana memanfaatkan strategi ini untuk meningkatkan kualitas pengajaran.

Penting bagi seorang pendidik untuk memahami bahwa pembelajaran yang mendalam bukan hanya soal menyampaikan materi, tetapi juga melibatkan pemahaman yang lebih dalam dari siswa terhadap konsep yang diajarkan. Prinsip ini mengedepankan keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar dan mendorong mereka untuk mengeksplorasi pengetahuan melalui pertanyaan dan pemecahan masalah yang relevan. Hal ini bukanlah hal yang mudah, terutama bagi saya yang baru pertama kali menerapkan konsep deep learning dalam pengajaran.

Salah satu tantangan terbesar yang saya hadapi adalah menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membosankan bagi siswa. Dalam banyak kasus, materi yang terlalu teoritis sering membuat siswa merasa terputus dari realitas dan kurang termotivasi. Namun, dengan menerapkan prinsip-prinsip deep learning, saya belajar untuk mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari, memberikan tugas yang bersifat lebih terbuka dan memberikan ruang bagi siswa untuk berinovasi dan berpikir kritis.

Meski menghadapi tantangan dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, saya sangat merasakan peningkatan antusiasme dari siswa. Mereka mulai menunjukkan rasa ingin tahu yang lebih besar dan lebih aktif dalam diskusi kelas. Ini adalah perubahan signifikan yang saya harapkan bisa menjadi langkah awal untuk menciptakan kelas yang tidak hanya mendidik tetapi juga menyenangkan. Dengan metode pembelajaran yang mendalam, saya merasa lebih mudah untuk mendekatkan siswa pada materi pelajaran, membuat mereka lebih tertarik dan termotivasi untuk belajar lebih banyak.

Melalui pelatihan ini, saya mendapatkan banyak wawasan baru yang akan saya terapkan dalam pengajaran. Ke depannya, saya berkomitmen untuk terus mengembangkan metode deep learning ini agar dapat memberikan dampak yang lebih besar bagi perkembangan siswa. Terima kasih kepada penyelenggara dan Mercy Putuhena, S.Pi, atas pelatihan yang sangat bermanfaat ini. Saya yakin, dengan menerapkan deep learning secara konsisten, saya akan dapat melihat peningkatan kualitas belajar yang signifikan di kelas saya.

Previous Article

Meningkatkan Pembelajaran yang Menyenangkan dengan Deep Learning: Testimoni Jumiati, S.Pd.I tentang Pengalaman dan Adaptasi dalam Mengajar

Next Article

Menciptakan Suasana Belajar yang Menyenangkan: Strategi untuk Meningkatkan Keterlibatan Anak di Kelas

Write a Comment

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Update Artikel Kami

Pure inspiration, zero spam ✨