Choirul Nur Hidayatullah, S.Pd., seorang guru di MTs Miftahul Ulum Kradinan, berbagi pengalamannya setelah mengikuti Diklat Nasional 40JP dengan tema Integrasi Pembelajaran Mendalam dalam Kurikulum di Tahun Ajaran Baru 2025/2026 yang berlangsung pada 29 Juli hingga 1 Agustus 2025. Dalam diklat ini, Choirul merasa mendapatkan wawasan baru tentang bagaimana meningkatkan antusiasme siswa dalam pembelajaran melalui pendekatan yang lebih mendalam.
Choirul menyadari pentingnya membuat pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan, terutama untuk menghindari kejenuhan siswa yang merasa bosan dengan penjelasan yang hanya diberikan oleh guru. Dengan konsep deep learning, ia mencoba menerapkan metode yang lebih interaktif dan membangun keterlibatan siswa, sehingga mereka lebih antusias dan aktif dalam mengikuti pembelajaran. Choirul percaya bahwa pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna akan meningkatkan motivasi siswa untuk lebih giat belajar.
Meskipun Choirul sudah mencoba mengimplementasikan beberapa prinsip dari diklat ini, ia mengakui masih ada tantangan dalam menguasai sepenuhnya teknik-teknik yang diajarkan, terutama dalam hal penerapan yang lebih mendalam di kelas. Namun, ia merasa bahwa konsep yang diperoleh dalam diklat ini sangat jelas dan membantu dalam pengembangan kemampuan mengajarnya. Ia merasa lebih siap untuk terus mengembangkan cara-cara baru dalam mengajar, agar pembelajaran yang diberikan lebih menarik dan efektif.
Setelah mengikuti diklat ini, Choirul merasa bahwa pengajaran yang lebih mendalam telah memberikan dampak positif pada proses pembelajaran. Ia merasa lebih yakin dan percaya diri dalam menggunakan metode-metode yang lebih kreatif dan terstruktur, yang membantu siswa lebih mudah memahami dan terlibat dalam setiap materi yang diajarkan. Choirul berkomitmen untuk terus menerapkan pembelajaran mendalam dalam kelasnya, agar siswa tidak hanya mengingat materi, tetapi juga memahami dan mengaplikasikannya dengan cara yang lebih bermakna.