Ainun Mardhiah, guru di SD N Amor, membagikan pengalamannya setelah mengikuti Diklat Nasional 40JP bertema “Strategi Efektif Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Deep Learning”. Ia menekankan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pengajaran di kelas.
Menurut Ainun, salah satu hal yang paling berkesan adalah penjabaran materi diklat yang mendalam dan lengkap. Hal ini membantunya memahami strategi deep learning secara menyeluruh dan menyiapkan berbagai metode pengajaran yang lebih efektif. Ia berhasil menerapkan sebagian dari strategi yang dipelajari dan melihat hasil positif dari penerapan tersebut.
Meski anak-anak belum terbiasa dengan pendekatan baru ini, mereka menunjukkan antusiasme yang tinggi selama proses belajar. Siswa mulai lebih aktif bertanya, berdiskusi, dan terlibat dalam setiap kegiatan pembelajaran. Pendekatan deep learning membuat mereka tidak hanya menerima informasi, tetapi juga berpikir kritis dan memahami materi secara lebih mendalam.
Ainun menekankan bahwa strategi ini membantu guru menghadirkan pembelajaran yang menyenangkan, interaktif, dan bermakna. Dengan penerapan metode yang tepat, siswa dapat mengikuti pelajaran dengan lebih fokus, sambil belajar secara aktif dan kreatif.
“Berhasil menerapkan materi diklat ini membuat saya lebih percaya diri dalam mengajar. Siswa pun sangat antusias dan mulai menyesuaikan diri dengan cara belajar yang baru,” ujar Ainun Mardhiah. Ia menilai pengalaman ini memperkuat kemampuan profesionalnya sebagai guru dan memberi inspirasi untuk terus mengembangkan metode pengajaran.
Dengan bekal dari diklat, Ainun berharap dapat terus menyempurnakan strategi deep learning di kelas, menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan, dan membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan mandiri sejak dini.