Muhammad Reza Arismunandar, S.Pd., seorang guru di SMK Muhammadiyah 2 Boja, baru-baru ini mengikuti Diklat Nasional 40JP dengan tema “Strategi Efektif Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Deep Learning”. Dalam acara tersebut, Reza menemukan banyak wawasan baru tentang cara mendesain pengalaman belajar yang lebih mendalam dan bermakna bagi siswanya.
Reza menerapkan strategi yang diajarkan dalam diklat tersebut dengan mengintegrasikan pembelajaran mendalam melalui serangkaian aktivitas yang mencakup pemahaman, aplikasi, dan refleksi. Ia memulai setiap sesi pembelajaran dengan tujuan jelas agar siswa dapat terlibat secara aktif. “Saya sudah melakukan strategi yang diberikan berupa pembelajaran mendalam melalui aktivitas pembelajaran yang dimulai dari memahami, mengaplikasikan, dan merefleksikan pada setiap kegiatan pembelajaran yang saya lakukan,” ungkap Reza dengan antusias.
Salah satu materi yang paling berkesan baginya adalah tentang pemanfaatan sumber daya yang ada di sekolah. Reza menyadari bahwa pembelajaran yang bermakna tidak selalu harus melibatkan teknologi canggih. Dengan menggunakan fasilitas yang ada di lingkungan sekolah, siswa dapat belajar dengan cara yang kreatif dan inovatif. “Contohnya, tidak harus dengan teknologi; siswa tetap bisa mendapatkan pembelajaran yang bermakna,” tambahnya.
Namun, Reza juga menghadapi tantangan terkait keragaman kemampuan dan latar belakang siswanya. Ia menyadari bahwa setiap siswa memiliki kebutuhan yang berbeda, sehingga guru dituntut untuk mendesain pembelajaran yang relevan dengan kondisi masing-masing. “Tantangannya adalah kemampuan siswa yang beragam dan latar belakang yang berbeda. Ini menyebabkan saya harus benar-benar mendesain pembelajaran yang paling relevan untuk diterapkan di sekolah,” jelasnya.
Salah satu pembelajaran terpenting yang didapat Reza dari diklat ini adalah pemahaman bahwa pembelajaran mendalam tidak dapat dipahami hanya dari satu sudut pandang. “Saya memahami bahwa tidak semua pembelajaran mendalam itu diartikan dalam pengertian singkat. Namun, banyak aktivitas yang bisa dilakukan untuk benar-benar menerapkan pembelajaran mendalam itu sendiri,” tutupnya.
Dengan semangat baru dan keterampilan yang diperoleh dari diklat tersebut, Reza berkomitmen untuk terus berinovasi dalam mengajar, sehingga siswa di SMK Muhammadiyah 2 Boja dapat merasakan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan dan bermakna.