Yuni Astuti, S.Pd., seorang guru di SMPN 1 Diwek, telah mengikuti Diklat Nasional 40JP bertema “Strategi Efektif Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Deep Learning.” Bagi Yuni, pelatihan ini menjadi sarana penting untuk memperkuat komitmennya dalam menghadirkan pembelajaran yang lebih bermakna di kelas.
Sebelumnya, Yuni telah mencoba menerapkan pembelajaran berbasis deep learning, meskipun belum secara menyeluruh. Melalui diklat ini, ia semakin memahami bahwa pembelajaran tidak hanya berorientasi pada penyampaian materi, tetapi juga harus mindful, meaningful, dan joyful. Ketiga prinsip ini menurut Yuni menjadi kunci agar siswa tidak hanya menghafal, tetapi juga mampu memahami dan mengaplikasikan ilmu dalam kehidupan sehari-hari.
Namun, perjalanan untuk menerapkan pendekatan ini tidak selalu mudah. Yuni mengakui bahwa tantangan terbesar datang dari dirinya sendiri, yaitu tekad untuk terus berkembang dan menyesuaikan diri dengan tuntutan zaman. “Saya harus siap untuk berubah dan mengembangkan diri agar mampu merancang pembelajaran yang benar-benar mendalam,” ungkapnya.
Setelah mengikuti diklat, Yuni merasakan dampak yang signifikan terhadap cara pandangnya. Ia kini lebih fokus dalam menyiapkan rancangan pembelajaran yang sesuai dengan prinsip pembelajaran mendalam. Rancangan tersebut tidak hanya memuat materi, tetapi juga strategi yang mendorong siswa untuk berpikir kritis, kreatif, dan berkolaborasi.
Pelatihan ini juga menginspirasi Yuni untuk menjadikan kelas sebagai ruang belajar yang menyenangkan. Baginya, pembelajaran yang efektif adalah pembelajaran yang membuat siswa merasa nyaman dan termotivasi untuk mengeksplorasi potensi mereka. Dengan demikian, proses belajar tidak hanya sekadar transfer ilmu, tetapi menjadi pengalaman yang bermakna dan berkesan.
Dengan semangat baru, Yuni yakin bahwa pembelajaran mindful, meaningful, dan joyful bukan sekadar konsep, melainkan sebuah praktik nyata yang dapat ia wujudkan di kelas. Ia percaya, ketika guru mampu menyiapkan diri dan merancang pembelajaran dengan baik, maka siswa pun akan mendapatkan pengalaman belajar yang lebih mendalam dan bermanfaat untuk masa depan mereka.