Saya, Endang Arivianti, S.Pd, seorang guru di SDN Krapyak Semarang, merasa sangat beruntung dapat mengikuti Diklat Nasional 40JP dengan tema “Strategi Efektif Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Deep Learning”. Diklat ini menjadi pengalaman berharga yang membuka wawasan baru dalam dunia pendidikan, khususnya bagi saya yang masih dalam proses memahami konsep dasar pembelajaran mendalam.
Sebelum mengikuti diklat ini, saya merasa kesulitan dalam menguasai kelas dan membuat proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan bagi siswa. Banyak strategi yang saya coba, tetapi seringkali tidak membuahkan hasil yang diharapkan. Dukungan dari rekan-rekan guru dan pengalaman mereka memberikan saya motivasi, namun saya tetap merasa kurang percaya diri dalam mengimplementasikannya di kelas.
Selama mengikuti diklat, saya diperkenalkan dengan berbagai metode dan strategi yang dapat diaplikasikan dalam pembelajaran berbasis deep learning. Salah satu hal yang paling menarik adalah pendekatan interaktif yang menekankan keterlibatan siswa dalam proses belajar. Saya belajar bagaimana merancang pembelajaran yang tidak hanya fokus pada penyampaian materi, tetapi juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk berkolaborasi, berdiskusi, dan mengeksplorasi ide-ide mereka sendiri.
Materi yang disampaikan oleh para narasumber sangat inspiratif dan aplikatif. Saya merasa setiap sesi memberikan pencerahan baru. Terlebih, ketika kami diajak untuk melakukan praktik langsung dalam merancang RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yang menyenangkan. Momen ini sangat mendukung saya untuk mengasah kreativitas dan inovasi dalam pengajaran. Saya jadi lebih memahami bahwa pembelajaran yang mendalam tidak hanya tentang pengetahuan kognitif, tetapi juga melibatkan aspek afektif dan psikomotorik siswa.
Saya sangat berharap bahwa setelah mengikuti diklat ini, saya dapat menerapkan strategi-strategi yang telah dipelajari ke dalam kelas saya. Tujuan utama saya adalah agar murid-murid saya tidak hanya memahami materi dengan baik, tetapi juga merasa senang dan tertarik untuk belajar. Saya percaya, dengan pendekatan yang tepat, mereka akan lebih mudah memahami konsep-konsep yang mungkin sebelumnya terasa sulit.
Diklat ini bukan hanya memberikan saya pengetahuan, tetapi juga semangat baru untuk menjadi guru yang lebih baik. Saya sangat mengapresiasi kesempatan ini dan berharap banyak guru lainnya dapat mengikuti program yang sama, sehingga kita semua dapat menciptakan generasi yang cerdas dan berkarakter melalui pendidikan yang menyenangkan dan efektif.