Pendidikan di madrasah tsanawiyah menuntut guru untuk terus meningkatkan pengetahuan dan merancang strategi pembelajaran yang menyenangkan dan efektif. Listiyowati, guru di MTs Miftahul Huda, berbagi pengalamannya setelah mengikuti Diklat Nasional 40JP dengan tema “Strategi Efektif Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Deep Learning.”
Menurut Listiyowati, diklat ini memberikan pemahaman awal mengenai konsep deep learning dan bagaimana guru dapat merancang pembelajaran yang lebih mendalam. Strategi ini menekankan keterlibatan aktif siswa, pemahaman materi secara menyeluruh, dan penghubungan materi dengan pengalaman nyata siswa. Dengan pendekatan ini, proses belajar menjadi lebih interaktif, menyenangkan, dan bermakna.
Saat ini, Listiyowati masih dalam tahap perencanaan untuk merancang penerapan deep learning di kelasnya. Ia menyadari bahwa tantangan utama adalah “jaringan trobel” atau jaringan koneksi siswa yang berbeda-beda dalam menyerap materi. Strategi deep learning membantu guru menyesuaikan metode pengajaran agar setiap siswa dapat memahami konsep secara mendalam, meskipun kemampuan dan cara belajar mereka berbeda.
Diklat ini juga memberi Listiyowati tambahan pengetahuan yang berguna untuk merancang pembelajaran lebih efektif. Dengan pemahaman ini, guru dapat menciptakan aktivitas belajar yang relevan, kreatif, dan menantang, sehingga siswa dapat belajar secara aktif dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Deep learning mendorong guru untuk menghargai proses belajar siswa, bukan hanya hasil akhir, sehingga setiap pengalaman belajar menjadi kesempatan untuk memahami dan menerapkan materi secara nyata.
Dengan penerapan strategi deep learning, pembelajaran di MTs Miftahul Huda diharapkan menjadi lebih interaktif, menarik, dan mendukung pengembangan keterampilan kognitif maupun sosial siswa. Guru yang memahami prinsip ini mampu menciptakan kelas yang hidup, memaksimalkan potensi setiap siswa, dan menyiapkan mereka menghadapi tantangan akademik maupun kehidupan nyata dengan pemahaman yang mendalam.