Pendidikan di sekolah dasar menuntut guru untuk tidak hanya menyampaikan materi, tetapi juga mampu membangun pemahaman mendalam dan memotivasi siswa agar tetap aktif dalam proses belajar. Anis Sundari, guru di SDN Karangsari, berbagi pengalamannya setelah mengikuti Diklat Nasional 40JP dengan tema “Strategi Efektif Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Deep Learning.”
Menurut Anis, diklat ini membekali guru dengan wawasan penting tentang strategi pembelajaran mendalam (deep learning) yang membantu siswa memahami materi secara lebih utuh. Strategi ini menekankan keterlibatan aktif siswa, kemampuan berpikir kritis, serta penghubungan materi dengan pengalaman nyata. Dengan pendekatan ini, pembelajaran tidak hanya menjadi rutinitas menghafal, tetapi proses belajar yang menyenangkan dan bermakna.
Salah satu tantangan yang dihadapi Anis adalah kurangnya motivasi siswa dalam menghadapi pelajaran selama dua jam. Banyak siswa merasa jenuh dan timbul rasa malas belajar. Dengan penerapan deep learning, guru dapat merancang aktivitas yang lebih interaktif, menarik, dan relevan sehingga meningkatkan keterlibatan serta minat belajar siswa. Aktivitas berbasis proyek, diskusi, atau praktik langsung menjadi sarana untuk membuat materi lebih mudah dipahami dan diingat.
Anis juga menyadari bahwa meskipun sudah mencoba menerapkan strategi ini, hasilnya belum sempurna. Hal ini mendorongnya untuk terus belajar dan meningkatkan kompetensi melalui pelatihan jangka panjang. Dengan pengalaman dan pengetahuan yang lebih mendalam, guru dapat menyusun rencana pembelajaran yang lebih efektif, memaksimalkan keterlibatan siswa, dan menumbuhkan motivasi belajar secara berkelanjutan.
Dengan strategi deep learning, pembelajaran di SDN Karangsari diharapkan menjadi lebih menyenangkan, interaktif, dan mendukung perkembangan kognitif serta kemampuan praktis siswa. Guru yang kreatif mampu menciptakan kelas yang hidup, membuat siswa aktif belajar, dan menyiapkan mereka menghadapi tantangan akademik maupun kehidupan nyata dengan pemahaman yang mendalam.